Cara Atur Keuangan untuk Mahasiswa Perantau, Cobalah Tahan Pengeluaran

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 622 2361690 cara-atur-keuangan-untuk-mahasiswa-perantau-cobalah-tahan-pengeluaran-qnhFVKI8Yg.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA – Bagi mahasiswa perantau, melakukan manajemen uang perlu dilakukan. Kegiatan itu bertujuan agar kebutuhan selama sebulan bisa terpenuhi dengan baik.

Cara mengatur keuangan biasanya ditanyakan kepada mahasiswa perantau yang baru akan memulai kehidupan jauh dari tempat tinggalnya. Hal ini disebabkan oleh pola hidup baru yang mereka jalani sehingga membutuhkan penyesuaian.

 Baca juga: Pentingnya Dana Darurat, Investasi Jangka Panjang hingga Biaya Renovasi Rumah

Dikutip dari buku 7 Jalan Mahasiswa Oleh Avuan Muhammad Rizki, Jakarta, Minggu (14/2/2021), tips mengatur uang untuk mahasiswa perantau ada tiga, yaitu manajemen keuangan, mencari penghasilan tambahan, dan mengurangi pengeluaran.

Berikut ini telah Okezone rangkum penjelasan dari 3 tip diatas.

 Baca juga: Investasi Datangkan Cuan di Tahun Kerbau Logam, Berikut Daftarnya

1. Manajemen Keuangan

Ini adalah cara yang paling ideal sebab sejatinya penghasilan sebesar apapun atau pengeluaran sekecil apapun kalau kita tidak bisa mengatur keuangan maka tetap saja akan berdampak buruk pada kondisi neraca keuangan kita.

Ambil contoh, kalau biasa menulis pengeluaran dan pendapatan apapun yang didapatkan setiap hari apapun itu entah sekedar bayar parkir atau apapun. Dengan ini akan ada controling dan sehingga akan mengetahui uang terpakai untuk apa saja.

2. Menambah Penghasilan

Cara kedua adalah dengan cara menambah pendapatan ada yang bilang "apabila besarnya Pengeluaran tidak bisa dicegah maka tambahlah pendapatanmu agar cukup". Pernyataan ini ada benarnya misal dengan kerja sambilan, berjualan atau bahkan bisnis namun ingat pertimbangkan juga kesanggupan jangan sampai mengganggu kegiatan kuliah.

3. Mengurangi Pengeluaran

Cara ketiga adalah dengan cara kurangi pengeluaran ya berarti cara ini klasik dengan memotong anggaran untuk dikeluarkan misal berarti dipatok misal untuk makan maksimal sebulan Rp300 Ribu sedangkan untuk bensin maksimal Rp100 Ribu dan untuk main misal Rp200 Ribu.

Percayalah ini akan dialami saat kerja atau punya penghasilan sendiri sehingga nikmatilah proses ini karena sejatinya seseorang memang memerlukan skill ini, yaitu Manajemen Keuangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini