5 Cara Jitu agar Kaya Raya dengan Gaji Pas-pasan

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 622 2370377 5-cara-jitu-agar-kaya-raya-dengan-gaji-pas-pasan-qjVAH2A6v8.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA – Pada dasarnya, seberapapun gaji yang diperoleh karyawan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Hal ini kembali lagi kepada personal masing-masing, bagaimana memperlakukan gaji yang didapatnya dengan baik.

Hentikan kebiasaan menyalahkan gaji yang terlalu kecil, sebab menjadi karyawan juga bisa kaya raya. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kemampuan dan pengelolaan keuangan yang tepat.

 Baca juga: Sudah Gajian? Ini 4 Tips Investasi Emas

Mengutip dari buku Panduan untuk Menjadi Karyawan Sukses, karya J.I. Michell Suharli, Senin (1/3/2021) berikut tips mengelola keuangan bagi karyawan.

1. Menyisihkan 10% penghasilan per bulan untuk diri sendiri.

Tips ini mampu mengubah mental seseorang yang sering berutang menjadi membaik. Perlu diingat bahwa apa yang menjadi pengeluaran wajib disesuaikan dengan jumlah penghasilan.

 Baca juga: Jaga Kesehatan Finansial di Tengah Musim Hujan dan Banjir, Intip 3 Tips Berikut

2. Kekayaan bisa tercapai berkat pengendalian pengeluaran.

Hindari hidup boros dan konsumtif. Bedakan mana kebutuhan dan keinginan, sebab sebanyak apa pun harta seseorang tidak akan puas memenuhi semua keinginan. Kendalikan diri dengan hidup hemat.

3. Investasikan tabungan dengan aman.

Sekurang-kurangnya seseorang harus memiliki deposito berjangka. Bila terdapat sisa penghasilan konversikan ke dalam tabungan investasi jangka panjang minim risiko. Misalnya emas, logam mulia atau tanah. Bisa juga menginvestasikan ruko atau bangunan.

4. Melindungi tabungan dan sumber penghasilan.

Hal ini berguna ketika nanti sudah memasuki masa pensiun. Prinsipnya sediakan alat pemenuhan materil di masa tua serta perlindungan bagi keluarga. Pastikan sudah menyiapkan dana untuk kejadian di luar dugaan, seperti kecelakaan, kematian, bencana alam, kebangkrutan, dan lainnya.

5. Meningkatkan kemampuan dan skill.

Belajar dan terus meningkatkan kapasitas diri. Hal ini akan membantu menghasilkan uang yang lebih banyak dan kesejahteraan hidup. Lebih bijaksana juga dalam melipatgandakan penghasilan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini