Viral Uang Jadul Rp1.000 Bergambar Soekarno Bisa Melengkung Sendiri

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 320 2370788 viral-uang-jadul-rp1-000-bergambar-soekarno-bisa-melengkung-sendiri-vxz2DIg6Lq.jpg Viral Uang lama Rp1.000 (Dok: Neng Rina Gustiana)

JAKARTA - Belum lama ini beredar video yang menampilkan uang kuno Rp1.000 bergambar Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Video ini tengah viral di media sosial TikTok.

Video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @rinagustiana_ ini diberi judul ‘Kok Bisa Melengkung Sendiri Uangnya’. Video tersebut diberi thumbnail ‘Aneh, uang Rp1.000 yang gambarnya Soekarno bisa melengkung sendiri dong’.

 Baca juga: Uang Beredar Tembus Rp6.761 Triliun, Bisa Bayar Utang Negara Nih

Mengutip dari akun TikTok @rinagustiana_ , pada senin (1/3/2021), sang pemilik akun membuka video tersebut dengan memberikan informasi tentang barang yang dimilikinya. Barang tersebut sudah disimpan sejak lama.

“Halo semuanya, jadi aku punya sesuatu, ini adalah sesuatu yang sudah aku simpen lama banget sampai bingung mau diapain karena mikirnya biat apa juga gitukan,” ucap sang pemilik akun sambil menjelaskan.

 Baca juga: Wih, Uang Beredar di RI Tembus Rp6.900 Triliun

Kemudian Rina menjelaskan jika yang dimilikinya adalah uang kerta Rp1.000 yang memiliki gambar Soekarno dibagian depannya. Sedangkan di bagian belakang terdapat gambar seorang penari.

“Ini tuh uang Rp1000 soekarno depannya, dan ini belakangnya kaya penari-penari gitu. Konon uang yang lurus ini kalau kita taro di atas telapak tangan itu bakal melengkung sendiri,” kata pemilik akun.

Lalu, pemilik akun menjelaskan jika dirinya mendapatkan informasi jika uang Rp1.000 tersebut bisa melengkung dengan sendirinya ketika dilentakan dibatas tangan. Oleh karena itu, sang pemilik akun mencoba untuk membuktikan sendiri kebenaran informasi tersebut.

“Jadi kita buktiin aja nih aku taruh di atas telapak tangan aku enggak megang apa apa kosong ya dan sekarang kita taruh kita libat sampai dia melengkung sendiri. Kita buktiin ya ini enggak aku apa-apain. Dan sisi yang kiri ini sudah mulai ngangkat dan enggak tau kenapa tangan aku terasa panas,” jelas pemilik akun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini