10 Juta Bahan Baku Tiba, Bio Farma Segera Produksi Jadi 8 Juta Vaksin Covid-19

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 320 2370947 10-juta-bahan-baku-tiba-bio-farma-segera-produksi-jadi-8-juta-vaksin-covid-19-QbcN8PQN0b.jpg Vaksin Sinovac Datang Lagi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah mencatat 10 juta bahan baku atau bulk vaksin Sinovac tahap lima akan segera diproduksi PT Bio Farma (Persero). Jumlah bulk tersebut diproduksi menjadi 8 juta dosis vaksin Covid-19.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebut, dengan 10 juta vaksin yang datang hari ini akan dipergunakan untuk program vaksinasi pemerintah tahap kedua yang menargetkan 16,9 juta petugas layanan publik dan 21,5 juta kelompok masyarakat lanjut usia 60 tahun ke atas.

Baca Juga: 10 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Datang Lagi, Bio Farma: Masih Sinovac

"Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT bahwa hari ini kita kedatangan 10 juta bulk vaksin," katanya Selasa(2/3/2021).

Kedatangam 10 juta bahan baku merupakan kali ketiga dari kedatangan vaksin dalam bentuk bulk yang kemudian diproduksi Bio Farma sesuai dengan sertifikat Cara Pembuatan Obat Yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Proses evaluasi terhadap vaksin yang baru tiba ini tetap dilakukan oleh BPOM untuk menjamin keamanan, mutu, dan khasiat dari vaksin Covid-19.

Baca Juga: Vaksinasi Mandiri, Pengusaha Tak Sabar Antre yang Gratis?

Pemerintah juga memastikan kedepannya secara bertahap akan datang 185 juta vaksin dari Sinovac. "Kita juga masih menunggu vaksin dari Pfizer BioNTech, AstraZeneca, dan Novavax. Kedatangan ini dibantu oleh Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Bea Cukai sehingga akses lebih mudah dan prosesnya lancar," katanya.

Semua dilakukan terintegrasi dan secara sinergis, kolaboratif antara Kementerian Kesehatan,

Kemenkeu, dan Bio Farma sehingga akan membawa kemudahan untuk percepatan proses vaksinasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini