Gaungkan Benci Produk Asing, Jokowi Ingin Merek Indonesia Jadi Primadona di Mal

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 320 2372227 gaungkan-benci-produk-asing-jokowi-ingin-merek-indonesia-jadi-primadona-di-mal-erXz2wpGWw.jpg Jokowi Ingin Merek Indonesia Jadi Primadona di Mal. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyiapkan aturan supaya gerakan Bangga Buatan Indonesia dapat terealisasi dengan baik. Hal ini, sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo yang ingin menggaungkan benci produk luar negeri.

"Yang diamanatkan Bapak Presiden tadi memastikan merek-merek Indonesia akan menjadi primadona di mal-mal Indonesia. Kita akan atur aturannya supaya masyarakat membeli produk Indonesia," ujar Lutfi dalam Konferensi Pers Rapat Kemendag 2021, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Peluang Besar, Produk Lokal Dapat Jalur Khusus di Sektor Ketenagalistrikan

Dia mengatakan bahwa aturan akan dibahas oleh pihaknya dalam rapat kerja Kemendag. Untuk itu dia meminta kepada jajarannya untuk menyiapkan aturan yang membantu UMKM.

Lutfi juga meminta kepada jajarannya ada dapat mengerti permintaan pasar (demand side). Sebab, menurutnya saat ini yang dilihat hanya dari segi supply (supply side).

Baca Juga: Menko Luhut Ajak Rakyat Bangga Pakai Produk UMKM

"Selama ini kita selalu memikirkan daripada supply side perdagangan atau dari segi supply. Sekarang ini kita mesti melihat demand side dari perdagangan," perintahnya.

Dia menjelaskan, bahwa Indonesia merupakan pasar yang besar dengan 270 juta jiwa. Untuk itu, diperlukan produk yang memiliki nilai tambah agar dapat bersaing dengan produk impor.

"Harapannya dengan begitu maka pelaku-pelaku usaha Indonesia, baik itu besar, kecil, atau UMKM dapat berpartisipasi menjadi supplier kepada rakyat Indonesia. Kita akan ciptakan branding-nya, seleranya kita bisa naikkan, supaya orang bisa membeli barang Indonesia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini