Peluang Besar, Produk Lokal Dapat Jalur Khusus di Sektor Ketenagalistrikan

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 320 2367548 peluang-besar-produk-lokal-dapat-jalur-khusus-di-sektor-ketenagalistrikan-ZlLpNkUKge.jpg Listrik (Shutterstock)

JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mencatat, peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) ketenagalistrikan penting untuk dilaksanakan. Sebab, langkah itu mampu meningkatkan kesempatan lapangan kerja di sektor manufaktur dan mampu menghemat devisa negara.

Bahkan, Kepala BPPT Hammam Riza mencatat, peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri ketenagalistrikan mampu meningkatkan ekspor non migas di dalam negeri.

Baca juga: Menko Luhut Ajak Rakyat Bangga Pakai Produk UMKM

BPPT dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terus berupaya meningkatkan P3DN melalui skema peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada infrastruktur ketenagalistrikan. Komitmen ini tercermin dari Pendatanganan Nota Kesepahaman antara PLN dengan BPPT.

Riza menyebut, nota kesepahaman ini juga diharapkan dapat turut mendorong kebangkitan ekonomi nasional di tengah kondisi pandemi Covid-19. "Ketenagalistrikan merupakan infrastruktur utama dalam pembangunan Indonesia," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/2/2021).

 Baca juga: Jadi Kolektor Sneakers, Erick Thohir: Saya Bangga Produk Lokal

Sementara itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengutarakan, keterlibatan industri dalam negeri sebagai mitra kerja pada pembangunan ketenagalistrikan bisa berjalan secara optimal, sehingga dapat meningkatkan perekonomian nasional.

“Pembangunan ketenagalistrikan mengutamakan industri dalam negeri sebagai implementasi peraturan perundang-undangan, sehingga ini merupakan suatu peluang bagi industri dalam negeri lebih berperan sekaligus meningkatkan kapabilitas industrinya,” kata Zulkifli.

Pihaknya pun membutuhkan sinergi dari para stakeholders dalam implementasi P3DN. Dengan prinsip saling memberikan manfaat, PLN senantiasa menyambut baik tiap sinergitas, baik lintas BUMN, maupun lembaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini