Perdana, 1,1 Juta Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 320 2374325 perdana-1-1-juta-vaksin-astrazeneca-tiba-di-indonesia-BhgCRFrUiH.jpg Vaksin Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (Persero) mencatat, 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 asal AstraZeneca, Inggris, akan tiba di Indonesia sore ini. Jumlah ini merupakan tahap awal dari jumlah yang ditargetkan yakni sebesar 4,6 juta dosis.

"Iya mas akan datang produk jadi dari AstraZeneca melalui skema kerjasama multilateral. Untuk detilnya nanti menunggu rilis yang akan disampaikan nanti sore," ujar Juru Bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto saat dikonfirmasi MNC Portal Indinesia, Senin (8/3/2021)

Baca Juga: Tak Cuma PNS, Pelaku UMKM Bakal Disuntik Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebelumnya, menargetkan tital vakain hasil produksi AstraZeneca sebanyak 4,6 juta dosis vaksin AstraZeneca. Vaksin Covid-19 tersebut sudah dalam bentuk jadi.

"Insya Allah Maret ini akan datang vaksin AstraZeneca sebanyak 4,6 juta dosis vaksin jadi artinya kita bisa mempercepat proses vaksinasi," kata Jokowi saat jumpa pers secara virtual beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Vaksinasi untuk Lansia, Erick Thohir: Harus Didahulukan

Berdasarkan data terkini, Jokowi menyebut Indonesia sudah berhasil mengamankan 38 juta dosis vaksin Covid-19 yang berasal dari Sinovac Biotech Ltd. Sebanyak tiga juta dosis dalam bentuk jadi dan 35 juta dalam bentuk bahan baku.

Jokowi menambahkan, saat ini vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan kepada masyarakat yang berisiko tinggi, mulai dari tenaga kesehatan, lansia, jurnalis, pelayan publik, guru, atlet, pedagang pasar hingga petugas TNI-Polri. "Vaksinasi untuk TNI-Polri sudah dimulai 1 Maret 2021, di kementerian-kementerian juga sama," katanya.

Vaksin Corona AstraZeneca didapat dari skema kerjasama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) COVAX Facility.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini