Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp140 Ribu, Ini Biang Keroknya

Adi Haryanto, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 320 2375107 harga-cabai-rawit-merah-tembus-rp140-ribu-ini-biang-keroknya-ersuSoFL7a.jpg Cabai. (Foto: Okezone.com)

BANDUNG BARATHarga cabai rawit naik tajam selama beberapa pekan terakhir. Bahkan harga cabai rawit merah tembus level Rp140.000 per kg.

Terkait kondisi tersebut, sejumlah petani cabai di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengungkapkan sejumlah alasan kenapa harga cabai bisa begitu 'pedas' di pasaran.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Merah Makin 'Pedas' Capai Rp140 Ribu/Kg

Salah satu yang berpengaruh adalah faktor cuaca ekstrem sehingga membuat banyak tanaman cabai mati. "Akibat cuaca ekstrem tanaman cabai lebih mudah terserang hama dan mati, jadi hasil panen menjadi berkurang," terang petani di Desa Wangunharja, Lembang, KBB, Masri, Selasa (9/3/2021).

Kondisi itu membuat petani jarang yang menanam cabai, bahkan dirinya pun hanya menanam untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Selain itu tingginya harga cabai saat ini juga disebabkan jalur distribusi yang terlalu panjang dari petani ke pasar.

Baca Juga: Harga Cabai Naik Tembus Rp150.000/Kg, Mendag: Saya yang Salah

Masri menyebutkan, harga cabai rawit di kebun sudah dijual di atas Rp80.000/kilogram. Namun ketika sudah sampai di pasar maka harga lebih tinggi lagi, sehingga tidak mengherankan harga ke konsumen bisa mencapai Rp120.000-140.000/kilogram.

"Meski harga mahal tapi tidak akan mendongkrak kesejahteraan petani, karena distribusi yang panjang serta stoknya juga tidak ada," kata dia.

Sementara menurut petani asal Desa Cikidang, Lembang, Ading, sejumlah petani di wilayahnya akan segera memasuki masa panen cabai pada pekan ini. Dia berharap, dengan rencana panen yang akan dilakukan pada pekan ini bisa menambah pasokan di pasar sehingga harga cabai bisa kembali normal.

"Pasokan cabai saat ini memang berkurang karena faktor cuaca. Terus produksi di beberapa daerah penghasil juga sedang terjadi bencana. Semoga dengan panen sebentar lagi harga cabai segera turun," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini