Share

Honda Bakal Pindahkan Pabrik dari India ke RI

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 320 2376252 honda-bakal-pindahkan-pabrik-dari-india-ke-ri-7o2tZnIlz0.jpg Ilustrasi Pabrik (Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia bakal menarik investor Jepang untuk berinvestasi ke Indonesia. Terutama dari dunia otomotif.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan ada rencana Honda akan membangun pabriknya di Indonesia. Adapun, pabrik honda yang ada di India bakal direalokasi ke Indonesia.

 Baca juga: Berhasil Dirayu, Perusahaan Jepang Pindahkan Pabrik Sepatu dari China ke RI

"Nanti ada fasilitas ke India akan dipimdahlna ke Indonesia. Jadi memang ada honda berkomitmen membangun model baru berbasis elektrik," ujar Agus dalam video virtual, Kamis (11/3/2021).

Lanjutnya, Pemerintah terus berupaya mendorong realisasi komitmen investasi pada sektor manufaktur nasional. Adapun, dalam rencana investasi ke Jepang ini bisa menyerap 12 ribu tenaga kerja.

 Baca juga: Ke Negeri Sakura, Menperin Bawa Investasi Rp11,2 Triliun dari Mitsubishi

" Relaokasi asing itu cukup besar dan bersamaan bangun tiga pabbrik itu bisa menyerap 12 ribu tenaga kerja," katanya.

Dia pun mendorong para investor Jepang untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik atau electrified vehicles (EV). Selain itu, juga berupaya memperluas pasar ekspor produk otomotif Indonesia, khususnya untuk tujuan ke Australia.

" Kita juga akan menjelaskan UU Cipta Kerja pada pelaku industri, counterpart, dan menteri METI," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini