Menperin Rayu Mazda Bangun Pabrik di Indonesia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 320 2376256 menperin-rayu-mazda-bangun-pabrik-di-indonesia-2YIdfjEgLb.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kunjungan kerjanya ke Jepang melobi berbagai perusahaan otomotif raksasa asal Negeri Sakura. Salah satunya Mazda.

Dia pun bercerita kepada Mazda, bahwa perusahaan otomotif tersebut belum memiliki pabrik di Indonesia. Dia lantas merayu Mazda untuk membangun pabrik otomotif pertamanya di Tanah Air.

 Baca juga: Honda Bakal Pindahkan Pabrik dari India ke RI

"Pada pertemuan dengan Mazda, Mazda memang selama ini belum mempunyai pabrik di Indonesia. Dan memang upaya kami untuk mendorong agar mereka sesegera mungkin bisa melakukan investasi ke Indonesia," ujarnya dalam sesi teleconference dari KBRI Tokyo di Jepang, Kamis (11/3/2021).

Jika membangun pabrik di Indonesia, Menperin Agus menjanjikan Mazda prospek pasar yang bagus. Terlebih saat ini dikatakannya sudah ada kelompok penggemar fanatik Mazda di Jakarta yang cukup aktif.

Baca juga: Berhasil Dirayu, Perusahaan Jepang Pindahkan Pabrik Sepatu dari China ke RI

"Kita meyakinkan Mazda bahwa market di Indonesia sangat besar. Rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia masih terlalu kecil. Artinya potensi investor masuk masih sangat baik," ucapnya.

Pasca menerima bujukan tersebut, Mazda disebutnya akan segera mempertimbangkan dan melakukan perhitungan terhadap kebutuhan investasi di Indonesia.

"Mudah-mudahan ketika nanti kita kembali ke Jepang buan Mei 2021, kita sudah mendengar progresnya terhadap kemungkinan mereka melakukan investasi di Indonesia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini