Direct Flight Manado ke Haneda, Produk UMKM Mejeng di Jepang

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376811 direct-flight-manado-ke-haneda-produk-umkm-mejeng-di-jepang-OIEO14Gsm3.jpg Penerbangan Langusng Manado-Jepang. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Produk-produk UMKM tampil di Japan Fodex 2021. Hal ini pun menjadi salah satu upaya menggencarkan promosi produk-produk Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, Booth Sulawesi Utara (Sulut) perlu ada di Fodex 2021, karena adanya penerbangan kargo langsung dari Manado ke Haneda, Tokyo.

“Betul, saya secara khusus menelepon atase perdagangan di Tokyo agar booth Sulut ini ada di Fodex 2021. Kita ingin meningkatkan promosi agar arus kargo langsung dari Manado ke Jepang bisa dimanfaatkan optimal.” Kata Jerry menjawab pertanyaan wartawan di Manado, Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Gubernur BI: Daya Juang UMKM Sudah Tidak Diragukan

Penerbangan kargo itu membawa beberapa produk unggulan Sulut khususnya dan Sulawesi umumnya misalnya ikan tuna yang memasok kebutuhan ikan segar premium untuk masakan Jepang. Seiring waktu, bukan hanya tuna, penerbangan kargo itu mulai memuat produk-produk lainnya termasuk durian Palu, pala, olahan hasil kelautan dan pertanian.

Langkah konkret ini diyakini akan meningkatkan penetrasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di pasar ekspor khususnya Jepang. Selain memanfaatkan penerbangan kargo langsung, upaya ini juga dalam rangka meningkatkan peran UMKM Daerah dalam pemanfaatan kerja sama perdagangan.

Untuk diketahui, Indonesia dan Jepang saat ini terikat dalam beberapa perjanjian perdagangan baik bilateral maupun regional. Dalam level bilateral Indonesia dan Jepang misalnya terjalin dalam kerja sama IJ-EPA.

Baca Juga: Lewat Lembaga Mikro Syariah, Walikota Banda Aceh Bebaskan UMKM dari Jeratan Rentenir

Sedangkan di kerja sama regional keduanya terjalin dalam ASEAN-Japan Comprehensive Economic Partnership (AJCEP) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

“Ada banyak perjanjian perdagangan yang sudah kita tandatangani dan sedang kita lanjutkan perundingannya. Saya berharap bahwa UMKM Daerah bisa terinformasi dengan baik dan kemudian aktif memanfaatkan perjanjian perdagangan ini.” Tambah Wamendag.

Upaya meningkatkan UMKM dalam perdagangan termasuk ekspor ini memang menjadi salah satu program kerja Pemerintahan Jokowi-Ma`ruf Amin. UMKM Indonesia terus meningkat dan perlu didorong serta difasilitasi agar bisa mengembangkan sayap.

Kementerian Perdagangan sendiri terus menguatkan kapasitas internal maupun sinergi dengan kementerian maupun Lembaga lain dalam memfasilitasi UMKM.

Di Sulut sendiri, geliat UMKM memang makin terasa. Banyak produk baru yang hadir dengan kualitas yang makin baik. Mereka memanfaatkan kekayaan bumi Nyiur Melambai baik di bidang kelautan, pertanian maupun perkebunan dan kehutanan.

Pasar Jepang sendiri cukup menyukai hasil produk Sulut. Yang paling terkenal tentu saja adalah ikan tuna segar yang menjadi bahan sashimi, sushi dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini