The Fed Proyeksikan Pemulihan Ekonomi AS Lebih Cepat

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 320 2379635 the-fed-proyeksikan-pemulihan-ekonomi-as-lebih-cepat-mqPNuS4na0.jpg The Fed Pertahankan Suku Bunga Rendah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

WASHINGTON- Federal Reserve mengulangi janjinya untuk mempertahankan suku bunga pada target mendekati nol dalam beberapa tahun ke depan. The Fed juga memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi dan inflasi AS akan melonjak saat krisis Covid-19 mereda.

Bank sentral AS melihat ekonomi bisa tumbuh 6,5% tahun ini atau menjadi lompatan tahunan terbesar dalam produk domestik bruto sejak 1984. Pertumbuhan ekonomi ini juga lebih tinggi dibandingkan proyeksi Desember 4,2%.

Baca Juga: The Fed Tahan Suku Bunga, Inflasi AS Bisa Capai 2%

Kemudian tingkat pengangguran turun menjadi 4,5% pda akhir tahun atau lebih kecil dibandingkan dengan proyeksi di Desember sebesar 5%. Laju kenaikan harga sekarang diperkirakan melebihi target Fed 2%, mencapai 2,4% pada akhir tahun sebelum jatuh kembali pada 2022.

"Indikator aktivitas ekonomi dan pekerjaan telah muncul. Bank Sentral dalam sebuah pernyataan juga mempertahankan suku bunga acuan dalam kisaran target nol hingga 0,25%," tulis Komite Pasar Terbuka Federal, dilansir dari Reuters, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: Mengerikan, Bos The Fed Ungkap Keburukan Ekonomi Akibat Pandemi

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan hasil ekonomi terburuk akibat pandemi telah dihindari berkat dukungan agresif pemerintah dan bank sentral.

Namun dia menekankan prospek yang lebih cerah tidak berarti The Fed akan mencabut dukungannya pada ekonomi. Di mana negara masih kekurangan 9,5 juta pekerjaan dan inflasi di bawah target Fed.

"Sebagian besar komite tidak menunjukkan kenaikan suku bunga selama periode perkiraan ini," kata Powell.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini