Share

OECD: BUMN Punya Peran Penting Kerek Ekonomi RI

Rina Anggraeni, Sindonews · Kamis 18 Maret 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 320 2380095 oecd-bumn-punya-peran-penting-kerek-ekonomi-ri-0Ez1Om6EUa.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga Keuangan Dunia OECD menilai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memainkan peran vital dalam pemulihan ekonomi. Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurría merekomendasikan penyelarasan tata kelola BUMN dengan praktik terbaik global, termasuk menjaga manajemen dan dewan bebas dari campur tangan pemerintah, dan menerapkan standar integritas yang tinggi, transparansi, dan perilaku bisnis yang bertanggung jawab.

Baca Juga: Pembangunan Ibu Kota Baru Sumbang Pertumbuhan Ekonomi 2,2%

"Menyederhanakan peraturan dan menurunkan hambatan persaingan akan membantu menarik investor swasta dan asing," kata Angel dalam video virtual, Kamis (18/3/2021).

Indonesia juga harus menjaga kemandirian dan otoritas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memastikan dapat secara efektif mendeteksi, menyelidiki dan mencegah pelanggaran.

Baca Juga:  Ekonomi Indonesia Lebih Baik dari AS dan Singapura, Nih Buktinya

Dia punmerekomendasikan upaya penggandaan untuk meningkatkan hasil lingkungan. Tindakan berkelanjutan untuk mengatasi deforestasi di Indonesia - sebagian besar karena pembersihan “tebang dan bakar” untuk menanam kelapa sawit - adalah kuncinya.

"Ini termasuk perlindungan yang lebih baik, pembasahan dan pemulihan lahan gambut dan hutan, dan peningkatan sumber daya untuk perlindungan lingkungan, serta penetapan harga karbon," tandasnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini