Erick Thohir Satukan Semua Layanan Keuangan Digital Syariah

Hafid Fuad, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 320 2380723 erick-thohir-satukan-semua-layanan-keuangan-digital-syariah-GQHsH2ALxF.png Erick Thohir Sinergikan Layanan Keuangan Digital Syariah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian BUMN siapkan rencana sinergikan seluruh layanan keuangan digital syariah yang ada di lingkungan perusahaan BUMN.

Hal ini disampaikan Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Iggi Haruman Achsien yang mewakili Menteri BUMN Erick Thohir. Di mana dalam waktu dekat akan dilakukan sinergi teknologi keuangan digital syariah.

Baca Juga: Erick Thohir: Ekonomi dan Keuangan Syariah RI Diapresiasi Dunia

"Dalam waktu dekat akan kita sinergikan karena di Kementerian BUMN punya beberapa prioritas salah satunya penggunaan teknologi digital," ujar Iggi dalam streaming di YouTube Beritasatu (19/3/2021).

Dia mencontohkan, saat ini sudah dilakukan penggabungan layanan segmen ultra mikro dan UMKM dengan PNM, Pegadaian, dan Bank BRI. Berikutnya juga sudah ada Pasar.Id, Pasar Digital UMKM, dan tabungan digital Himbara.

Baca Juga: Sri Mulyani: Bangun Kesejahteraan Masyarakat dengan Teknologi

"Ini akan kami bikin versi syariah. PNM dan Pegadaian sudah memiliki unit syariah dan terbiasa berhubungan dengan perbankan syariah. Sementara unit syariah perbankan sudah digabungkan menjadi Bank Syariah Indonesia," katanya.

Peran MES kini semakin signifikan dengan terpilihnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir. Ini sejalan dengan komitmen BUMN mendorong lahirnya PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI yang akan memberikan dampak signifikan bagi industri syariah di Indonesia.

"Untuk teknologi digital BSI sudah memiliki visi melayani keuangan digital. Bahkan sudah ada rencana membuat syariah payment dari para direksi," ujarnya.

Tidak hanya hanya di sektor keuangan, namun juga bagi industri lain seperti makanan, fesyen, kosmetik hingga media massa. Kementerian BUMN berharap, BSI dapat menjadi bank syariah yang kuat, profesional, dan efisien guna meningkatkan industri halal di dalam dan luar negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini