Share

Satu Data Indonesia Kunci Pengembangan Sektor Digital

Giri Hartomo, Okezone · Senin 22 Maret 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 320 2381930 satu-data-indonesia-kunci-pengembangan-sektor-digital-rKqXNUkRJr.jpeg Satu Data Indonesia Kunci Selamatkan Ekonomi Digital Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, satu data Indonesia berperan penting dalam mendorong kemajuan Indonesia. Karena bisa mendorong pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

Menurut Suharso, dengan penggunaan satu data maka usaha-usaha yang bersifat produktif bisa lebih didorong lagi oleh pemerintah. Jika para pengusaha produktif ini berkinerja bagus, maka akan berdampak baik juga kepada ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Daya Saing Ekonomi Digital di Indonesia Semakin Merata Selama Covid-19

“Satu data Indonesia berperan strategis dalam mendukung upaya pemerintah pada pengembangan sektor digital serta mengoptimalkan usaha -usaha prodiktif bagi kemajuan Indonesia,” ujarnya dalam acara Sosialisasi Rencana Kerja Satu Data Indonesia 2021 secara Virtual, Senin (22/3/2021).

Dengan kebijakan ini, maka layanan digital juga bisa didukung dengan data dan informasi yang berkualitas. Sehingga bisa terwujud pusat kebijakan yang berdasarkan data dan fakta.

“Kebijakan satu data indonesia memiliki peran penting dalam mengatur tatal kelola data pemerintah agar layanan digital dapat didukung dengan data dan informasi yang berkualitas sehingga mewujudkan pusat kebijakan yang berdasarkan data dan fakta,” kata Suharso.

Baca Juga: Transaksi Digital RI Tembus Rp629 Triliun, Setara 44% di Asia

Oleh karena itu, pelaksanaan percepatan satu data adalah kunci dalam mensukseskan transformasi digital. Sekaligus juga bisa menjadi penyokong pemerintah dalam menyelesaikan isu-isu srategis sebagai salah satu komponen penting dalam transformasi digital.

“Data memegang peranan strategi sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pengendalain penbangunan sehingga koordinasi pengelolaan data melalui forum satu data Indonesia perlu digaungkan lagi seluruh pemangku kepentingan,” kata Suharso.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Secara lebih lanjut percepatan penyelenggaran satu data Indonesia perlu dilakukan melalui sinergi semua stekholder. Sinergi harus dilakukan dari mulai tingkat pusat maupun daerah.

“Terutama para wali data dalam mengimplementasikan tata kelola data sesuai dengan penyelenggaraan satu data Indonesia dan mengimplementasikan prinsip-prinsip satu data Indonesia yang ditetapkan dan dibina oleh pembina data,” kata Suharso.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini