Sentimen Rating Utang Bikin Rupiah Taklukan Dolar AS

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 320 2382820 sentimen-rating-utang-bikin-rupiah-taklukan-dolar-as-lKnzxNZx7c.jpg Rupiah Menguat terhadap Dolar AS. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar ditutup menguat pada perdagangan hari ini. Rupiah ditutup menguat 10 point di level Rp14.396 dari penutupan sebelumnya di level Rp14. 407.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam laporannya mengatakan, menguatnya Rupiah berasal dari optimisme pemerintah Indonesia dalam menjaga kinerja ekonomi di tengah pandemi virus corona.

Baca Juga: Rupiah Stabil, Ada Sentimen dari UU Cipta Kerja

"Ini terlihat dari peringkat utang (rating) Indonesia yang tetap bertahan, tidak ada pemangkasan," Katanya dalam riset hariannya, Selasa (23/3/2021)

Dia mengungkapkan, lembaga pemeringkat (rating agency) Moody's menaikkan peringkat surat utang Indonesia dari Baa3 ke Baa2. Namun, Moody's tetap memberi catatan seputar risiko yang bisa menghampiri Indonesia.

Baca Juga: Rupiah Terdepresiasi 2,62%, Gubernur BI: Lebih Rendah dari Brasil hingga Thailand

"Dengan proyeksi (outlook) stabil sebenarnya kecil kemungkinan untuk penurunan rating. Apalagi dengan penerimaan negara yang terus meningkat, pemerintah akan semakin mampu membiayai pembangunan infrastruktur, perlindungan sosial, dan belanja lainnya. Bahkan jika pemerintah mampu mewujudkan hal tersebut, bukan tidak mungkin Moody's akan kembali memberikan kenaikan rating," jelasnya.

Namun. Moody's menggarisbawahi bahwa Indonesia perlu mewaspadai beberapa risiko jika tidak ingin mengalami penurunan rating. Pertama adalah jika Indonesia mengalami kemunduran dalam perbaikan kerangka kebijakan dan kelembagaan.

Kedua adalah apabila pemerintah tidak mampu meningkatkan penerimaan negara secara signifikan. Ketiga adalah kekuatan finansial Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini