Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia Terkontraksi, Sekarang Sudah Membaik

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 06:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 320 2384041 sri-mulyani-ekonomi-indonesia-terkontraksi-sekarang-sudah-membaik-VLTZ2XvZmy.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, kebijakan counter-cyclical baik dari sisi fiskal maupun moneter terus dilakukan. Hal ini agar dapat meminimalisir implikasi Covid-19 yang sangat signifikan bagi kehidupan masyarakat serta bagi kegiatan perekonomian.

“Menurut saya situasinya sekarang sudah membaik setelah tahun lalu kita menerapkan stimulus fiskal. Kami mampu meminimalisir kerusakan ekonomi karena covid. Indonesia mengalami kontraksi sebesar minus 2,1% yang relatif kecil dibandingkan dengan negara Asia lainnya atau bahkan negara-negara G20 dalam hal kontraksi akibat COVID-19 ini,” ujar Sri Mulyani dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Di tahun 2021, Indonesia terus berusaha melakukan percepatan pemulihan ekonomi, dimulai pada kuartal ketiga tahun lalu, dan beberapa sektor yang juga pulih dengan sangat cepat. Namun hal tersebut masih berjalan seiring dengan penanggulangan penyebaran pandemi Covid-19 yang selalu menjadi tantangan, walaupun sekarang Indonesia sedang mempercepat program vaksinasi.

“Jadi bagaimana kami akan menangani covid ini, mengelola dan mengendalikan penyebaran covid setelah sempat meningkat, namun sekarang, covid menurun dalam waktu dekat dan kami berharap dapat mempertahankannya dengan protokol disiplin kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak serta sering mencuci tangan dan juga dengan vaksinasi, maka kita akan dapat mengontrol Covid-19 sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi,” harap Menkeu.

Baca Selengkapnya: Ekonomi Indonesia Membaik? Begini Kata Sri Mulyani

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini