Bantu UMKM, Jokowi Minta Pemda Tidak Beli Produk Asing

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 04:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 320 2385028 bantu-umkm-jokowi-minta-pemda-tidak-beli-produk-asing-hROIFPGJdI.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA – Presiden Jokowi menyeru para pemerintah daerah (pemda) untuk tidak menggunakan produk asing dalam proyek-proyeknya, melainkan menggunakan produk dalam negeri.

“Setiap proyek yang ada, program yang ada harus wajib menggunakan produk-produk lokal. Jangan sekali-kali membeli untuk proyek pemerintah itu membeli produk asing,” katanya.

Dia mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk menggenjot konsumsi dalam negeri. Sehingga dapat menekan angka pemutusan hubungan kerja (PHK) dan memulihkan ekonomi nasional.

“Untuk apa? Biar ada demand, biar ada konsumsi. Kalau demand dan konsumsi naik, produksi di pabrik, produksi di industri juga akan meningkat. Sehingga ga ada yang PHK terhadap karyawan,” ungkapnya.

Selain itu, pemulihan ekonomi juga bisa dilakukan dengan memperbanyak program-program padat karya. Jokowi juga meminta pemda untuk membantu para UMKM, meskipun dari pemerintah pusat telah membantu dengan program banpres produktif, daerah juga tetap bisa menganggarkannya.

Baca selengkapnya: Presiden Minta Pemimpin Daerah Tak Beli Produk Asing

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini