Kapan Vaksin Novavax Buatan AS Masuk RI? Ini Bocoran Dirut Bio Farma

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 320 2386068 kapan-vaksin-novavax-buatan-as-masuk-ri-ini-bocoran-dirut-bio-farma-8Pq7e3gmwK.jpg Vaksin Novavax Segera Tiba di Indonesia. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah menargetkan ada program vaksinasi ini bisa rampung dalam 15 bulan atau selesai pada kuartal I-2022 mendatang. Diharapkan, 70% hingga 80% herd immunity bisa terbentuk pada tahun depan.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan guna mempercepat program vaksinasi ini, akan ada beberapa vaksin yang masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat Novavax yang diperkirakan akan masuk pada kuartal II-2021.

Menurut Honesti, saat ini vaksin Novavax sedang dalam tahap Rolling Submission ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Mengingat, di beberapa negara juga vaksin Novavax ini masih dalam uji klinis tahap ketiga.

Baca Juga: 10 Juta Bahan Baku Tiba, Bio Farma Segera Produksi Jadi 8 Juta Vaksin Covid-19

"Nanti sekitar Q2 kita segera masuk vaksin Novavax ini juga lagi berproses, kita lagi melakukan Rolling Submissionnya ke BPOM. Karena memang di beberapa negara juga uji klinis tahap tiganya sedang tahap finalisasi akan segera mendapatkan izin dari Badan POM setempat," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR-RI, Senin (29/3/2021).

Sementara itu, vaksin covid-19 AstraZeneca didatangkan dengan beberapa skema. Pertama adalah skema donasi atau gratis yang sudah mulai masuk pada Maret 2021 sebesar 1,1 juta dosis.

"Kemudian AstraZeneca ini ada dua yang kita dapat. Satu yang sifatnya donasi atau gratis sudah mulai masuk awal maret kemarin sekitar 1,1 juta doses dari sekitar 54 juta dosis yang mungkin akan menjadi supply," jelasnya.

Baca Juga: Bio Farma Pantau Ketat Vaksin AstraZeneca

Skema yang kedua adalah dengan skema bisnis to bisnis (B2B) antara PT Bio Farma (Persero) dengan produsen vaksin AstraZeneca. Ditargetkan vaksin ini sudah bisa masuk pada kuartal II-2021 mendatang.

"Selain itu ada juga sifatnya B2B dalam hal ini Biofarma kita dengan AstraZeneca sekitar 50 juta dosis ini akan segera masuk kita harap Q2 akan segera masuk ke Indonesia," jelasnya.

Lalu vaksin yang ketiga adalah Sinovac yang sudah mulai disuntikan kepada masyarakat sejak Januari lalu. Vaksin Sinovac sendiri merupakan porsi yang paling besar dari ketersediaan yang dimiliki oleh Indonesia.

"Ini porsi paling besar dari ketersediaan vaksin sekarang yang kita lagi lakukan juga. Ini sudah berjalan sampai bulan Maret ini, di mana 3 juta nya itu sudah kita berikan untuk tahap pertama untuk vaksin jadi yang kita impor sudah kita berikan untuk Nakes dari bulan Januari sampai Maret kemarin," jelas Honesti

"Kemudian juga prioritas keduanya, seperti yang disampaikan sudah kita lakukan baik di fasilitas kesehatan, Puskesmas, maupun di beberapa sentra vaksinasi massal yang dilakukan di beberapa kota kerjasama dengan Kemenkes dan Kementerian BUMN," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini