Share

Kilang Minyak Balongan Meledak, Pemadaman Tanki Diperkirakan 5 Hari

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 320 2386097 kilang-minyak-balongan-meledak-pemadaman-tanki-diperkirakan-5-hari-UBIXp3oLii.jpg Kilang Minyak Balongan Kebakaran (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan pemadaman kebakaran tangki T-301G di Kilang Pertamina Balongan akan berlangsung selama lima hari.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono mengatakan, tidak ada masalah dengan kilang Balongan, hanya normal shutdown.

"Sambil menunggu pemadaman kira-kira mungkin 4-5 mudah-mudahan bisa normal," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Kebakaran Kilang Balongan Menyimpan Kisah Mengharukan, Begini Ceritanya 

Adapun kehilangan produksi dari Kilang Balongan akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai 400.000 barel. Pemenuhan kebutuhan BBM akan disuplai dari Kilang Cilacap dan Kilang TPPI.

"Begitu kebakaran bisa ditangani, nanti kilang bisa beroperasi lagi. Jadi tidak ada masalah dengan kilang," kata Mulyono.

Pertamina juga memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) secara nasional aman. Ketahanan pasokan BBM dan Avtur sangat memadai di kisaran 20 hingga 74 hari ke depan. Berdasarkan data saat ini, pasokan gasoline (bensin) secara nasional sebesar 10,5 juta barel, Gasoil (Solar) 8,8 juta barel dan Avtur 3,2 juta barel.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina akan memastikan pasokan BBM tetap aman, karena pola supply yang telah diterapkan telah mengantisipasi adanya skenario emergency.

"Kami akan mengoptimalkan produk dari kilang lain, sehingga tidak ada kendala di dalam supply BBM. Karena sebetulnya processing plant yang utama tidak terdampak. Kebakaran hanya di daerah tangki saja. Kilang akan bisa segera dioperasikan kembali ketika sudah melakukan pemadaman," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini