Gubernur BI Ungkap Bukti Ekonomi dan Keuangan Syariah Berkembang Pesat

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 320 2386333 gubernur-bi-ungkap-bukti-ekonomi-dan-keuangan-syariah-berkembang-pesat-HuCZxBUyKB.jpg Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: Okezone.com/Bank Indonesia)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa perkembangan ekonomi syariah sudah sangat berkembang pesat setiap tahunya. Hal ini terlihat dari posisi Indonesia di dunia yang terus mengalami peningkatan pada pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Berdasarkan Global Economic Indikator pada 2020, Indonesia berada diperingkat 4 dunia dalam hal pengembangan ekonomi syariah. Bahkan, Indonesia masuk 10 besar di seluruh sektor industri halal.

Baca Juga: Erick Thohir: Ekonomi Syariah Punya Kekuatan Besar Hadapi Krisis

“Alhamdulillah pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia berkembang pesat. Berdasarkan global economic indikator pada tahun 2020 Indonesia menduduki peringkat ke empat dan masuk 10 terbesar di seluruh sektor industri halal,” ujarnya dalam acara Rakornas BWI, Selasa (30/3/2021).

Bahkan menurut Perry, untuk keuangan syariah jauh lebih baik lagi. Karena berdasarkan data ICD Refinitif Development Report pada tahun 2020, Indonesia menempati peringkat kedua di dunia di bawah negara tetangga Malaysia.

Baca Juga: Wapres ke Erick Thohir Cs: Lahirkan Pikiran Out of The Box

“Bahkan untuk keuangan syariah, menurut ICD Refinitiv Development Report tahun 2020 Indonesia menempati peringkat kedua di dunia setelah Malaysia,” jelasnya.

Menurut Perry, kemajuan pesat tersebut tidak terlepas dari ikhtiar atau upaya yang dilakukan pemerintah. Di mana semua pihak berkomitmen untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air yang ditandai dengan penbentukan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.

“Kemajuan pesat tersebut sejalan dengan ikhtiar dan doa kita semua yang secara bersama dalam sinergi yang kuat di dalam wadah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dibawah kepemimpinan langsung bapak Presiden (Joko Widodo) dan Ketua Harian bapak Wakil Presiden (Ma’ruf Amin),” kata Perry.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini