Ketua OJK: Penurunan Suku Bunga Bukan Satu-satunya Peningkatan Kredit

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 320 2386621 ketua-ojk-penurunan-suku-bunga-bukan-satu-satunya-peningkatan-kredit-0MH8whH7HN.jpg Wimboh Santoso (Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso kembali menegaskan penurunan suku bunga kredit bank bukan satu-satunya faktor yang akan meningkatkan permintaan kredit. Namun dalam kondisi saat ini, butuh upaya bersama demi mengembalikan permintaan dari masyarakat.

"Efektivitas vaksin tetap menjadi game changer bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional. Karena akan memberikan kepercayaan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas normal kembali," ujar Wimboh di Jakarta (30/3/2021).

 Baca juga: Ketua OJK Yakinkan Bank-Bank Asing Salurkan Kredit

OJK juga akan terus mendukung kebijakan Pemerintah untuk mendorong bangkitnya sektor usaha. Terutama yang dapat memberikan multiplier effect tinggi bagi pemulihan perekonomian.

Pihaknya juga akan terus memperluas akses pembiayaan digital untuk UMKM sebagai daya ungkit bagi kegiatan perekonomian secara menyeluruh serta melanjutkan kebijakan stimulus melalui sektor keuangan untuk mendukung pertumbuhan sektor-sektor yang menciptakan lapangan kerja.

 Baca juga: Kabar Baik! Pengusaha Mikro Bakal Dapat BLT dan Kredit Macet Dihapus

Seluruh kebijakan ini harus terus disempurnakan dengan penguatan koordinasi dengan para stakeholder yaitu; Pemerintah, Bank Indonesia dan LPS. Koordinasi diperlukan untuk mengidentifikasi akar permasalahan, antara lain dengan pertemuan-pertemuan dengan asosiasi industri sektor riil dan industri jasa keuangan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini