Ketua OJK Yakinkan Bank-Bank Asing Salurkan Kredit

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 320 2386461 ketua-ojk-yakinkan-bank-bank-asing-salurkan-kredit-n9nUWivPdF.jpg OJK Dorong Kredit Perbank. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ketua DK OJK Wimboh Santoso meyakinkan perwakilan Perhimpunan Bank-bank Internasional Indonesia (PERBINA) agar optimistis menyalurkan kredit di Indonesia. Hingga Januari 2021 pertumbuhan kredit bank swasta masih minus 5%, bahkan untuk bank asing kreditnya masih minus 9,4% pada Februari 2021 dibandingkan 2020.

"Dalam pertemuan itu saya menyampaikan bahwa OJK senantiasa menerima masukan dari industri perbankan serta siap untuk mengambil kebijakan yang diperlukan dalam mendukung pemulihan ekonomi termasuk kinerja perbankan," ujar Wimboh di Jakarta (30/3/2021).

Baca Juga: Tagih Bank Turunkan Suku Bunga Kredit, Ketua OJK: Nanti Revenue Meningkat

Kemudian dengan pemberian vaksinasi secara masif ke berbagai penjuru daerah serta efektivitas vaksin menjadi kunci penting pemulihan ekonomi nasional.

"Sampai dengan saat ini, pemulihan ekonomi mulai bergerak ke arah yang positif dengan beberapa indikator ekonomi bergerak naik," katanya.

Baca Juga: Penyaluran Kredit Perbankan Dipantau, Target Tahun Ini Tumbuh 7,5%

OJK bersinergi bersama Pemerintah dan BI menetapkan rangkaian kebijakan yang bersifat antisipatif, extraordinary, dan akomodatif, serta forward looking untuk menahan pelemahan ekonomi lebih jauh dan menghindari gangguan stabilitas sistem keuangan.

OJK telah mengeluarkan kebijakan stimulus lanjutan di tahun 2021 untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor jasa keuangan. Relaksasi temporer terhadap kebijakan prudensial tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kredit yang lebih cepat dengan mempertimbangkan adanya unsur idiosyncratic pada sektor jasa keuangan.

"Kami optimis bahwa pada tahun 2021, kinerja perbankan dapat tumbuh dengan sehat dan kuat dalam menghadapi tekanan serta dapat berkontribusi optimal untuk mewujudkan pemulihan ekonomi nasional," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini