Share

Pertamina: Seluruh Kebakaran Kilang Balongan Padam Hari Ini

Oktiani Endarwati, Koran SI · Rabu 31 Maret 2021 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 320 2387132 pertamina-seluruh-kebakaran-kilang-balongan-padam-hari-ini-2yKQvWwHMD.jpg Pemadaman Kebakaran Kilang Balongan. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Upaya fire fighting intensif oleh Tim Emergency Pertamina untuk menangani insiden di area tangki T-301 mendapat hasil positif. Setelah 2 tangki padam, PT Pertamina (Persero) memastikan api di tangki T-301G berhasil dipadamkan.

"Kabar gembira kembali kami peroleh, tangki T-301G telah padam dan ikhtiar tim emergency di lapangan terus berlanjut untuk mematikan api di tangki T301-F," ujar Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto dalam siaran pers, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Kilang Balongan Kebakaran, Pengusaha Soroti K3 Migas

Agus melanjutkan, skenario pemadaman titik api di tangki T-301F terus dilakukan. Saat ini tim emergency sedang mengarahkan pengaturan orientasi peralatan fire fighting dengan sasaran tangki T-301F yang masih menyisakan api.

"Diharapkan api di area tangki T-301 seluruhnya dapat padam hari ini. Kami masih terus melakukan upaya pendinginan di 3 tangki yang telah padam dan memastikan tidak ada potensi api muncul kembali. Kami mohon doa dari masyarakat Indonesia," tutup Agus. 

Baca Juga: Pasca-Kilang Balongan Meledak, Distribusi BBM di Jakarta Dipastikan Aman

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Sebelumnya, Kepala BPH Migas M Fansurullah Asa menginstruksikan Pertamina untuk tetap menjamin ketersediaan dan kelancaran distribusi BBM untuk wilayah Ibu Kota dan sekitarnya. BPH Migas bersama Pertamina telah melakukan mitigasi agar suplai BBM tetap berjalan normal.

Kilang Minyak/Refinery Unit (RU) VI Balongan memiliki peran strategis dan vital dalam menjaga kestabilan pasokan BBM yang akan disalurkan ke pusat bisnis dan Pemerintahan Indonesia khususnya di DKI Jakarta, sebagian Banten, dan sebagian Jawa Barat. RU VI Balongan mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk BBM, Non BBM dan Petrokimia dengan kapasitas sebesar 125 MBSD.

Produk BBM yang dihasilkan, mensuplai kebutuhan BBM di Jakarta Raya melalui Terminal BBM (TBBM) Balongan, TBBM Cikampek dan TBBM Jakarta Group (TBBM Plumpang dan TBBM Tanjung Priuk) yang terhubung dengan fasilitas onshore pipe 16 inch, ±228 km.

Dia menyampaikan terkait insiden tersebut BPH Migas telah berkoordinasi dengan PT. Pertamina (Persero) untuk segera melaksanakan Pola RAE (Regular-Alternative-Emergency) khususnya bagi Fuel Terminal/TBBM yang terdampak paska Kebakaran Tangki T-301G (RU VI Balongan) untuk menjamin ketersediaan dan kelancaran pendistribusian BBM. Diharapkan PT Pertamina (Persero) memastikan Coverage Days (CD) untuk masing-masing produk diatas 11 hari (Peraturan BPH Migas No 9/2020 tentang Penyediaan Cadangan Operasional BBM, pasal 4).

“Pasokan BBM di Jakarta Raya aman, karena Pertamina memiliki skenario pola RAE (Regular-Alternative-Emergency) yang mana mengalihkan suplai BBM dari RU IV Cilacap melalui TBBM Bandung Raya (TBBM Ujung Berung/Padalarang) maupun dari TBBM Tanjung Gerem. Masyarakat tidak perlu panik atau melakukan penimbunan BBM karena BBM tetap tersedia dan terdistribusi dengan baik dan tidak ada kendala” jelas Ifan, Senin (29/03/21).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini