Harga Cabai Mahal bikin Petani Mendadak Kaya, 7 Kali Panen Langsung Beli Mobil

Sholahudin, Jurnalis · Sabtu 03 April 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 03 455 2388699 harga-cabai-mahal-bikin-petani-mendadak-kaya-7-kali-panen-langsung-beli-mobil-ra0rEMPneZ.jpg Petani Cabai (Foto: Sholahudin/Okezone)

JAKARTA – Mahalnya harga cabai menjadi berkah tersendiri bagi para petani. Belakangan ini, harga cabai terus naik hingga mencapai Rp100 ribu per kg.

Keuntungan dari mahalnya harga cabai dirasakan petani cabai di Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Bahkan hanya tujuh kali panen selama satu bulan, petani mendapatkan uang puluhan juta rupiah.

Baca Juga: 8 Fakta Inflasi Maret 0,08%, Nomor 5 Biang Keroknya

Tak mau kehilangan momen, para petani membeli mobil, motor bahkan renovasi rumah dari hasil panen cabai tersebut.

Salah satu petani cabai yang mendapat keuntungan besar karena harga cabai mahal adalah Rakub. Dia adalah petani cabai asal Desa Cinandang Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: Inflasi Maret 0,08%, Harga Cabai Jadi Biang Kerok

Sejak pagi dengan semangat, Rakub pergi ke ladangnya yang tidak jauh dari rumah. Rakub memetik cabai yang sudah masa panen, dibawa pulang lalu dijual. Rakub merupakan salah satu petani cabai yang mendapat keuntungan besar imbas cabai mahal sejak dua bulan terakhir.

Dari hasil memanen cabai selama tujuh kali, Rakub mampu membeli mobil mini bus keluaran tahun 2013 dengan harga Rp118 juta. Menurut Rakub dalam sekali panen mampu mendapatkan cabai sebanyak dua kuintal setengah dengan harga Rp50.000 hingga Rp93.000 per kg. Luas lahan yang dimiliki seluas 4.000 meter persegi yang merupakan lahanya sendiri

Berkah petani cabai tak hanya dirasakan oleh warga Desa Cinandang saja. Namun juga sejumlah desa lainnya di Kecamatan Dawarblandong seperti Desa Pucuk, Desa Gunungsari, Madureso, Brayu dan Temuireng. Selama ini Kecamatan Dawarblandong dikenal sebagai sentra pertanian cabai di kawasan utara Sungai Brantas Kabupaten Mojokerto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini