Ma'ruf Amin: Digitalisasi Pasar Pasti Terjadi, Pedagang Harus Belajar Teknologi

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 320 2390195 ma-ruf-amin-digitalisasi-pasar-pasti-terjadi-pedagang-harus-belajar-teknologi-OHYesWr91u.jpg Pasar Tradisional (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menilai perkembangan teknologi mengubah perilaku masyarakat dalam berbelanja. Menurutnya, saat ini masyarakat lebih memilih menggunakan teknologi dalam berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga: Orang RI Rajin Belanja Online, Transaksi Digital Banking Tembus Rp2.547,5 Triliun

"Pergeseran zaman yang mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Kemudahan yang ditawarkan pasar digital membuat peran pasar rakyat khususnya di wilayah perkotaan menjadi berkurang," kata Wapres Ma'ruf dalam peresmian pasar rakyat Pariaman Padang, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: Simak 5 Tips Mister Aladin agar Belanja Nyaman Saat PPKM Mikro, Unduh Segera Aplikasinya!

Untuk itu, Ia meminta kepada para pelaku pasar agar dapat memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Sebab, jika mau bertahan pelaku pasar rakyat harus dapat belajar berjualan secara digital.

"Perubahan akibat perkembangan zaman ini tidak bisa dihentikan,untuk dapat bertahan diperlukan ada adaptasi dan kemauan untuk belajar.Digitalisasi di pasar rakyat cepat atau lambat pasti terjadi untuk itu para pedagang harus belajar memanfaatkan teknologi yang ada," terangnya

Dia menambahkan, agar semua pihak baik dari pengelola pasar dan Pemerintah daerah harus dapat mendorong digitalisasi ke pasar rakyat. Cara dengan membuat aplikasi atau berkerja sama dengan pasar daring.

"pengelola pasar perlu membangun aplikasi pangkalan data dan mendorong pelaku pasar ke pasar daring. Untuk itu saya meminta juga kepada kepala daerah agar berperan aktif untuk mendorong pasar digitalisasi ini," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini