Soal THR, Menaker Ida: Kewajiban Pengusaha ke Pekerja!

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 320 2390315 soal-thr-menaker-ida-kewajiban-pengusaha-ke-pekerja-Ssa2JSD1Cf.jpg Menaker Ida Fauziyah (Foto: Dok kemnaker)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan bahwa aturan THR pekerja tahun 2021 akan disampaikan dalam waktu dekat. Pasalnya, masih dibahas di tim kerja dewan pengupahan nasional (Depenas) dan badan pekerja tripartit nasional.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, hal ini akan disampaikan melalui rapat pleno tripartit nasional, tripartit nasional ini memberikan saran dan masukan kepada menaker untuk mengambil langkah-langkah terkait dengan THR.

"Tentu saja secara umum kami sampaikan bahwa THR itu adalah kewajiban pengusaha yang dibayarkan kepada pekerja. Ini adalah pendapatan non upah biasanya diberikan pada saat-saat momentum Hari Raya. Tentu ini kewajiban yang harus dibayarkan pengusaha kepada pekerja," tambahnya.

Ida mengatakan bahwa pihaknya akan mendengarkan laporan dari tim kerja Depenas dan Badan Pekerja Tripartit Nasional, setelah itu baru akan dikeluarkan ketentuan melalui Surat Edaran kepada pengusaha.

"Kami mendapatkan laporan dan itu sudah ditindak lanjuti oleh Disnaker Provinsi dan Disnaker Kabupaten Kota, ini akan menjadi bahan kami untuk membahas pembayaran THR 2021," tambahnya.

Baca selengkapnya: Pembayaran THR, Menaker: Kewajiban Pengusaha!

 

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini