IMF Turunkan Proyeksi Ekonomi RI Jadi 4,3%, Begini Reaksi Sri Mulyani

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 320 2392020 imf-turunkan-proyeksi-ekonomi-ri-jadi-4-3-begini-reaksi-sri-mulyani-qLsSLSPyXR.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan revisi proyeksi ekonomi dari Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) belum pasti atau masih berubah.

Sebagai informasi, Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) merevisi pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk 2021 menjadi 4,3%. Angka tersebut menurun dibandingkan proyeksi sebelumnya yang mencapai 4,8%.

 Baca juga: IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Jadi 6% di 2021

"IMF merevisi ke bawah, buat kita semua prediksi ini selalu subject to uncertainty, asumsinya macam-macama vaksinasi, third wave, dan lain-lain," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (9/4/2021).

Untuk itu, Pemerintah dari sisi policy harus bisa di kontrol. Makanya di 2021, Sri Mulyani memberikan insetif dalam mendongkrak daya beli konsumsi yang bisa menggairahkan ekonomi Indonesia.

 Baca juga: Menko Airlangga Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 5,6% Tahun Ini 

"Kita melakukan berbagai adjustment sesudah kita cukup berhasil untuk menahan kontraksi tidak terlalu dalam," katanya.

Dia menambahkan vaksinasi ini menjadi salah satu yang diakselerasi. Sampai hari ini sudah lebih dari 12 juta atau 13 juta Indonesia yang sudah divaksi. Adapun, Indonesia menjadi negara yang paling banyak gencar memberikan vaksin.

"Indonesia termasuk the top 10 countries yang sudah vaksin sangat banyak," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini