China Denda Alibaba Rp40 Triliun, Gimana Respons Jack Ma?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 12 April 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 320 2392879 china-denda-alibaba-rp40-triliun-gimana-respons-jack-ma-W4uFd0gT6p.jpg Jack Ma. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Sudah jatuh tertimpa tangga. Ya, peribahasa itu sepertinya layak disematkan kepada pemilik Alibaba Group, Jack Ma.

E-commerce yang dimilikinya bernama Alibaba Group dikenakan denda oleh China’s State Administration for Market Regulation (SAMR) sebesar 18,2 miliar yuan atau USD2,8 miliar dan bila dirupiahkan setara Rp40 triliun (mengacu kurs Rp14.485).

Sementara itu, Alibaba mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis menerima hukuman dengan tulus dan akan memastikan kepatuhannya dengan tekad.

"Untuk memenuhi tanggung jawabnya kepada masyarakat, Alibaba akan beroperasi sesuai dengan hukum dengan ketekunan yang tinggi, terus memperkuat sistem kepatuhannya, dan membangun pertumbuhan melalui inovasi," tulis manajemen Alibaba dalam pernyataan tertulis.

Seperti diketahui, dahulu Ma sempat menghilang dari mata publik pada Oktober setelah mengkritik regulator karena menghambat inovasi.

Kurang dari dua minggu kemudian, pihak berwenang menghentikan IPO raksasa fintechnya, Ant Group, yang telah memecahkan rekor kenaikan USD34 miliar.

Pada bulan Januari, Ant Group mengumumkan kesepakatan dengan otoritas untuk merestrukturisasi perusahaan agar sesuai dengan persyaratan regulasi.

Baca Selengkapnya: Alibaba Milik Jack Ma Didenda Rp40 Triliun, Ini Alasan China

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini