Tren Belanja Online di Masa Pandemi, Kaum Pria Mendominasi Pembelian

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 04:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 17 320 2396385 tren-belanja-online-di-masa-pandemi-kaum-pria-mendominasi-pembelian-pASdzawRms.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tren belanja online melesat naik sejak COVID-19 merajalela di Indonesia. Kepala Bidang Komunikasi Publik Asosiasi e-commerce Indonesia (IdEA) Astrid Warsito memberikan gambaran momen Harbolnas Desember tahun 2020 sebagai acuan tren belanja di masa pandemi.

Data yang diperoleh menunjukan kaum pria masih mendominasi pembelian. Konsumen yang menjadi pasar terbesar berada pada kalangan milenial yaitu 36% ada pada rentang usia 15-24 tahun, serta 34% lainnya pada kelompok umur 25-34 tahun. Kalangan yang kategori 'dewasa' yakni pada rentang usia 35-44 tahun hanya berkisar 19% saja.

Selain itu, produk lokal juga diketahui sangat diminati oleh konsumen. Produk-produk yang mendominasi minat konsumen kompetisinya tipis antara produk perawatan diri, makanan dan minuman, serta kebutuhan sehari-hari. Sebagian besar pembelian produk-produk tersebut menyasar buatan lokal. Sumbangsih dari produk lokal bahkan mencapai Rp5,6 triliun.

Selain itu, fakta menarik lainnya yaitu adanya kenaikan transaksi dari luar Jawa. Dominasi transaksi di pulau paling padat di Indonesia ini mulai bergeser. Dari total kenaikan penjualan yakni 28%, mayoritas 97% berasal dari luar Jawa.

Baca selengkapnya: Tren Belanja Online di Awal Ramadhan, Produk Makanan Laris Manis

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini