Mudik Dilarang, Jasa Marga Bakal Lakukan Cek Acak Covid-19 di Rest Area

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 320 2403279 mudik-dilarang-jasa-marga-bakal-lakukan-cek-acak-covid-19-di-rest-area-Ov634R70v7.jpg Jasa Marga Persiapkan Layanan Mudik Lebaran. (Foto: Okezone.com/Jasa Marga)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) mempersiapkan pelayanan dan operasional untuk mudik Lebaran tahun ini. Meskipun pemerintah melarang masyarakat untuk pergi mudik pada periode 6-17 Mei 2021, layanan mudik tetap disiapkan.

Direkur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, meskipun volume lalu lintas tak setinggi biasanya, namun pihaknya tetap bersiaga. Perseroan akan tetap memberikan kinerja terbaik dalam pelayanan operasional hari raya idul fitri tahun ini.

Salah satunya dengan penerapan protokol kesehatan akan tetap dijaga dari mulai lokasi Gerbang Tol (GT), jalur, check point, dan dan rest area atau tempat istirahat. Salah satu caranya adalah, dengan memastikan penerapan physical distancing atau jaga jarak serta membatasi kapasitas rest area maksimal 50% dari kapasitas normal.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Jasa Marga Prediksi Jalan Tol Sepi

Selain itu, lanjut Subakti, pihaknya juga akan melakukan random check sampling kepada para pengunjung di rest area dalam upaya screening untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Nantinya perseroan akan terus melakukan koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) penanganan covid-19

“Kami juga akan memastikan Tim Satgas dan seluruh tim operasional yang bertugas dipastikan telah mendapatkan vaksinasi dan selalu memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penanggulangan covid-19, salah satunya yaitu dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak (3M),” jelasnya.

Baca Juga: Kemenhub Bakal Tindak Tegas Travel Gelap di Larangan Mudik, 110 Kendaraan Diamankan

Subakti juga menjelaskan berbagai inovasi yang dilakukan oleh perseroan untuk meningkatkan pelayanan pada mudik lebaran nanti. Salah satunya yaitu pengendalian operasional secara lebih efektif dan terintegrasi melalui Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) dalam rangka optimalisasi kinerja dan pelayanan.

Tak hanya itu ada, dua hal lain juga yang cukup menarik. Pertama, perseroan bekerja sama dengan Indonesia Flying Club (IFC) akan melakukan pemantauan sekaligus uji coba patroli udara menggunakan pesawat Cessna untuk memperoleh informasi kondisi lalu lintas secara aktual.

“Dan yang kedua, Jasa Marga bersama BASARNAS juga berencana melakukan simulasi penyelamatan korban melalui udara, sebagai salah satu upaya antisipasi dan persiapan penanganan kecelakaan lalu lintas serta peningkatan kemampuan petugas rescue,” jelas Subakti.

Selain itu juga perseroan juga akan memastikan kondisi perkerasan, keberfungsian drainase, kesiapan sarana prasarana, serta pemenuhan seluruh substansi SPM jalan tol. Bahkan perseroan juga memperhatikan aspek keselamatan dengan memantau dan melakukan pengendalian pada titik-titik rawan kecelakaan, longsor, dan lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas.

“Tetap semangat, jaga kesehatan dan stamina karena bagi saya, keselamatan dan kesehatan seluruh Satgas dan tim yang bertugas adalah yang paling utama,” kata Subakti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini