Menperin Pede Tak Ada Lagi Pertumbuhan Negatif Usai Kuartal I

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 320 2406064 menperin-pede-tak-ada-lagi-pertumbuhan-negatif-usai-kuartal-i-R577gXuuNR.jpg Menperin Agus Gumiwang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perindustri Agus Gumiwang optimis bahwa kuartal I-2021 menjadi kuartal terakhir dengan pertumbuhan minus untuk sektor industri. Dirinya yakin pada kuartal berikutnya pertumbuhan industri semakin meningkat seiring membaiknya ekonomi Indonesia.

"Kami optimis bahwa kuartal I ini merupakan kuartal terakhir bagi industri manufatur tumbuh negatif. Ke depan kami yakin positif seiring meningkatnya aktivitas ekonomi," ujarnya, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: Ekonomi Minus 0,74%, Istana: Arah Perekonomian RI Terus Membaik

Optimisme tersebut terlihat dari indeks manufaktur, di mana PMI April naik ke 54 atau di atas level 50 dalam 6 bulan berturut-turut. Airlangga menilai capaian PMI tersebut berarti industri manufaktur semakin agresif dan ekspansif.

"Ini menggembirakan. Selain itu utilisasi industri manufaktur Maret itu sudah 6% ini meningkat dibandingkan beberapa bulan sebelum apali saat pandemi," ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Masih Resesi,11 Sektor Usaha Ini Berdarah-darah

Selain itu, kebijakan berupa PPnBM untuk kendaraan pada kuartal ke kaurtal menunjukan kenaikan pada indiaktor otormotif yang double digit. Produksi mobil pun turut meningkat hingga 23%.

"Lalu penjualan mobil meningkat, penjualan motor naik. Industri ini juga merupakan industri pendukungan sangat besar," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini