Harga Pangan di Jawa hingga Makassar Turun Jelang Lebaran, Begini Data KPPU

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 320 2406803 harga-pangan-di-jawa-hingga-makassar-turun-jelang-lebaran-begini-data-kppu-2yv3RIRxH7.jpg Harga Pangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga pangan di sejumlah daerah tidak mengalami kenaikan harga yang signifkan. Bahkan, ada beberapa harga pangan yang turun. Hal ini disampaikan oleh sejumlah Kantor Wilayah Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Misalnya di Makassar, Kepala Kanwil VI Komisi KPPU Makassar, Hilman Pujana mengatakan harga bahan pokok di Makassar menjelang hari raya Idul Fitri 2021 terpantau stabil.

"Sampai dengan saat ini belum ditemukan adanya bahan pokok yang mengalami kenaikan dibandingkan dengan waktu awal Ramadhan," kata Hilman Pujana dalam konferensi pers KPPU secara virtual, Kamis (6/5/2021)

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Turun, Bawang Merah Malah Naik 

Dari hasil pantauan lapangan, beberapa bahan pokok justru terpantau mengalami penurunan harga jika dibandingkan pada awal Ramadhan, seperti bawang, cabai, ayam, dan telur.

Sementara, Kepala Kanwil V KPPU Balikpapan, Hendry Setyawan mengatakan bahwa harga barang pokok di daerah Kalimantan masih relatif terjaga. Kebutuhan barang pokok di Kalimantan tergantung dari suplai daerah lain, baik dari Sulawesi, Jawa dan Jakarta. Jika ada penurunan di hulu maka harga barang pokok juga turun ketika sampai Kalimantan.

"Dari awal tahun di Kalimantan itu bahan pokok yang naik itu seperti daging ayam, telur ayam dan cabai, sempat naik, namun pantauan terakhir sudah relatif stabil dan turun," katanya.

Kepala Kanwil IV KPPU Surabaya Dendy R Sutrisno menjelaskan, bahwa harga bahan pokok di Jawa Timur relatif stabil meski ada kenaikan. Namun kenaikan harga tersebut masih sangat kecil sehingga tidak begitu berdampak.

"Secara keseluruhan ada kenaikan namun sangatlah kecil .Daging sapi naik 0,2% itu hanya sekitar Rp270. Ayam dan cabai rawit naik tapi juga kecil. Jadi tidak siginifikan kan. Selebihnya, seperti bawang, telur dan cabai merah turun," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini