4 Cara Manfaatkan Fasilitas Kantor saat WFH

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Minggu 09 Mei 2021 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 622 2407335 4-cara-manfaatkan-fasilitas-kantor-saat-wfh-wOy2Z0xhKJ.jpg WFH (Shutterstock)

JAKARTA – Sudah lebih dari setahun pandemi Covid-19 mengguncang dunia. Karena adanya kebijakan lockdown atau pembatasan kegiatan, fenomena tersebut memunculkan adanya adaptasi baru dalam gaya hidup masyarakat, salah satunya adalah remote working atau work from home (WFH).

Saat ini banyak perusahaan yang masih memberlakukan WFH bagi para pekerjanya. Bekerja dari rumah memberikan kemudahan bagi banyak pekerja, seperti fleksibilitas dalam bekerja dan bahkan membuat mereka lebih produktif.

 Baca juga: Cara Kelola THR jika Pembayaran Dicicil

Nyatanya, kemudahan WFH hanya berlangsung singkat. Semakin banyak sisi negatif muncul dari adanya fenomena tersebut, seperti jam kerja yang tidak menentu dan berubah menjadi panggilan Zoom yang tak ada habisnya. Tidak ada lagi fasilitas kantor yang bisa dinikmati, membuat segalanya harus dipenuhi di dalam rumah.

Bagi orang yang belum terbiasa, dia mungkin membutuhkan bantuan untuk tetap fokus bekerja di rumah, serta membuat batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Banyak perusahaan yang juga masih menyesuaikan diri dengan karyawan yang bekerja dari jarak jauh, karena bagaimanapun juga, keadaan ini baru terjadi setahun.

 Baca juga: Begini Cara Hindari Perceraian karena Masalah Duit

Dilansir dari Real Simple, berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan keuntungan perusahaan yang akan membantu pekerja menghemat uang dan bahkan mungkin mendapatkan keseimbangan kehidupan dan kerja yang dibutuhkan:

1. Mintalah gaji atau pendanaan untuk mendirikan kantor di rumah

Fasilitas yang biasanya dimiliki pekerja adalah laptop dan peralatan teknologi lainnya dari perusahaan saat pertama kali mulai bekerja dari jarak jauh. Tetapi tidak semua orang memiliki furnitur untuk tempat kerja di rumah yang layak, apalagi jika belum berpengalaman WFH sebelumnya.

Solusinya, pekerja bisa membicarakan dengan atasannya untuk mengetahui apakah mereka mendapatkan tunjangan untuk membeli meja yang layak atau kursi ergonomis untuk ruang kerja. Seperti yang dilakukan Google, perusahaan tersebut memberi karyawan gaji untuk membeli meja, kursi, dan peralatan untuk memudahkan transisi ke pekerjaan jarak jauh.

Jika perusahaan tidak memiliki tunjangan WFH, pekerja bisa disarankan untuk menyampaikan kekhawatiran kepada HR. Katakanlah bahwa sampai saat ini belum merasakan manfaat yang dijanjikan oleh perusahaan, bisa juga dengan bergerak bersama rekan kerja untuk meminta adanya tunjangan tersebut.

2. Alihkan fasilitas kantor agar bisa dinikmati dari jarak jauh

Ada berbagai cara untuk tetap bisa mendapatkan fasilitas kantor ketika WFH, seperti makan siang, snack, atau fasilitas gym yang ada di kantor. Pekerja bisa meminta perusahaan memperluas tunjangan dengan memberikan manfaat lain.

Jika perusahaan menawarkan diskon untuk keanggotaan gym, mintalah tiket masuk untuk kelas online juga. Ini menguntungkan baik pekerja tatap muka maupun jarak jauh. Perusahaan juga bisa menukar makan siang kantor dengan pengiriman makanan. Perusahaan dapat menyediakan langganan gratis ke layanan pengiriman makanan untuk para pekerjanya.

3. Jangan ragu untuk memanfaatkan jatah cuti

Banyak pekerja yang merasa bersalah untuk mengambil cuti dan hari sakit ketika bekerja dari rumah, namun hal tersebut pada dasarnya adalah hak dan kompensasi yang dimiliki pekerja. Mengambil hari libur, bahkan jika tidak pergi ke mana-mana, bisa sangat bermanfaat. Pekerja juga butuh istirahat karena WFH juga sama melelahkannya dengan bekerja di kantor.

Menggunakan jatah cuti ketika merasa tidak enak badan dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan perusahaan untuk mendapatkan pemeriksaan rutin juga penting bagi pekerja. Intinya, pekerja yang merasa butuh waktu rehat sejenak tidak perlu merasa bersalah untuk menggunakan jatah cuti untuk istirahat di rumah.

4. Masukkan bonus ekstra ke dalam dana pensiun

Jika pekerja mendapatkan bonus, masukkan ke tabungan dana pensiun. Karena bekerja dari rumah memungkinkan penghematan biaya di bidang lain seperti biaya transportasi. Investasikan sebagian dari uang itu untuk masa depan.

Bekerja jarak jauh telah menjadi gaya hidup baru bagi banyak perusahaan dan karyawan. Beberapa telah bertransisi dengan lancar, sementara yang lain masih berproses. Pekerja harus manfaatkan keuntungan perusahaan dengan mengetahui hak untuk mendukung kebutuhannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini