Airlangga Tegaskan Kapasitas Tempat Wisata Hanya 50%

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 320 2410480 airlangga-tegaskan-kapasitas-tempat-wisata-hanya-50-pVbsorYBvk.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan pembukaan objek wisata harus melalui aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dia menjelaskan, ada batas kapasitas pengunjung tempat wisata dan publik.

Dia mengatakan seluruh pengunjung tempat wisata harus dipastikan menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Baca Juga: Bukittinggi Batasi Pengunjung Tempat Wisata saat Libur Lebaran

"Pemerintah sudah jelas mengatur dalam PPKM mikro bahwa tempat-tempat publik diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan, dan dibuka dengan kapasitas maksimal 50%,” kata Airlangga secara virtual, Sabtu (15/5/2021).

Lanjutnya, pengaturan pembukaan tempat-tempat wisata ini diserahkan kepada Pemerintah Daerah masing-masing, dan yang dibolehkan adalah tempat-tempat wisata atau publik.

Baca Juga: Sandiaga Tegaskan Objek Wisata Tetap Buka saat Larangan Mudik, Pengawasan Diperketat

“Yang dibolehkan yang sifatnya komunal, artinya di aglomerasi wilayah yang terkait. Tentu ini pengaturan teknis dari masing-masing Pemda bisa mengatur, namun catatan dari regulasi yang dibuat dalam PPKM mikro adalah menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini