5 Cara Bersihkan Debu Membandel di Plafon Rumah

Sabtu 15 Mei 2021 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 470 2410378 5-cara-bersihkan-debu-membandel-di-plafon-rumah-GubvxDZrNU.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Debu yang sudah lama menempel di plafon rumah sering kali susah dibersihkan. Tak perlu khawatir ada beberapa cara menghilangkan debu di plafon rumah.

Namun sebelum membersihkan plafon, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti sapu, ember, alat penyemprot dan kain microfiber. Berikut beberapa cara membersihkan gebu menempel di plafon rumah yang dilansir dari Solopos.com, Sabtu (15/5/2021).

Baca Juga: 5 Tips Bikin Rumah Lebih Ramah Lingkungan

1. Menyiapkan alat dan bahan

Sebelum membersihkan plafon, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti sapu, ember, alat penyemprot dan kain microfiber. Selain alat-alat, bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan plafon adalah sabun detergen khusus, cuka putih serta air bersih. Ketika akan membersihkan plafon, racik bahan dengan menyiapkan sabun yang dicampur dengan air bersih di ember.

2. Membersihkan debu terlebih dahulu

Letak plafon yang tinggi membuatmu sulit membersihkan? Kamu bisa gunakan gagang panjang untuk memudahkan menjangkau plafon. Cara menggunakan alat ini cukup mudah. Hentakkan sapu dari atas ke bawah dengan perlahan-lahan agar debu tidak berserakan.

Baca Juga: Siasati Rumah Sempit Terlihat Lega, Jangan Salah Pilih Furnitur

3. Mulai membersihkan

Bersihkan plafon rumahmu dengan air sabun yang dicampur dengan air bersih. Gunakan kain microfiber dan seka plafon. Disarankan untuk menyeka area plafon yang lebih kotor. Jika tidak bisa menjangkau plafon, kamu bisa menggunakan kursi atau tangga sebagai bantuan untuk membersihkan plafon rumah.

4. Menggunakan semprotan

Selain air sabun, kamu juga bisa menyemprotkan plafon rumah menggunakan alat semprot yang diracik dari beberapa bahan. Bahan tersebut yakni seperti sabun khusus, cuka putih dan air bersih. Cara menggunakan alat semprot ini kamu cukup menyemprot bagian plafon rumah terutama di bagian ujung untuk menghindarkan dari kuman dan debu yang menempel.

5. Membilas hingga kering

Langkah terakhir yang kamu lakukan yakni membilas hingga kering memakai kain kering. Pastikan tidak ada tersisa kotoran dan debu yang menempel pada plafon rumah serta tunggulah hingga kering.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini