Ekonomi Kreatif Segera Jadi Ujung Tombak Perekonomian Indonesia

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 320 2411669 ekonomi-kreatif-segera-jadi-ujung-tombak-perekonomian-indonesia-91lS3Eirry.jpg Sepatu Lokal Tembus Pasar Ekspor. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Indonesia punya potensi besar pada ekonomi kreatif. Hal tersebut pun didukung sumber daya alam yang melimpah serta populasi atau pasar dalam negeri yang jumlah sangat banyak.

Wakil Ketua Kadin Bidang Industri Johnny Darmawan mengungkapkan, pada 2019, ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang berkontribusi sebesar Rp1105 triliun pada PDB Nasional. Capain itu membuat Indonesia menduduki posisi ketiga setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan dalam hal capaian ekonomi kreatifnya.

"Hal tersebut di atas menjadi tantangan untuk mendorong industri kreatif. Kadin berpandangan bahwa ekonomi kreatif menjadi salah satu ujung tombak ekonomi Indonesia kedepannya," kata Johnny Darmawan, dalam peluncuran bio sneakers secara virtual, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: RI Punya Tabungan Pertumbuhan Ekonomi, Bisa Sampai 7%?

Dalam mendukung ekonomi kreatif, Kadin bersama Dewan Serat Indonesia (DSI) meluncurkan bio sneakers, sepatu karya anak bangsa dari industri kecil. Kadin berharap, peluncuran sepatu buatan lokal ini bisa memacu para industri kreatif untuk berkembang.

Johnny mengungkapkan, bio sneakers ini dikembangkan oleh wirausaha muda yang dukungan Balitbang Pasca Panen Kementerian Pertanian. Sepatu tersebut bahan bakunya hampir 100% menggunakan pohon dan serat-serat alam lokal.

Baca Juga: Vaksinasi Gotong Royong, Pengusaha: Kesehatan Tulang Punggung Perekonomian

Penggunaan bahan alami ini menjadi sangat penting. Sebab salah satu isu global saat ini adalah pengurangan material komposit berbasis serat sintetis yang dapat merusak lingkungan, serta memberi dampak pada perubahan iklim.

“Kadin mendukung penuh upaya para pelaku industri kreatif untuk terus berinovasi mengembangkan industri persepatuan berbasis serat alam. Mengingat potensi bahan baku yang berlimpah, kami yakin industri perseratan di Indonesia menuju industri nasional berkelanjutan akan segera terwujud,” ujarnya.

Rencananya bio sneakers in akan dipamerkan dalam ajang fashion dunia di Paris, Prancis pada akhir 2021. Bahkan sepatu itu akan digunakan saat peragaan busana di ajang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini