Boikot Menggema, Ini Daftar Produk Israel di Indonesia

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 320 2413573 boikot-menggema-ini-daftar-produk-israel-di-indonesia-jk4VTMJejn.jpg Boikot Israel (Foto: Reuters)

JAKARTA – Masyarakat Dunia kini menyerukan aksi boikot produk maupun brand korporasi di Israel. Aksi boikot tersebut sebagai bentuk simpati global terhadap masyarakat Palestina. Di dalam negeri aksi boikot produk-produk Israel juga mulai diserukan.

Penelusuran Litbang MNC Portal Indonesia (MPI), mendapati produk atau brand asal Israel tidak secara langsung dilakukan melalui hubungan dagang antar dua negara. Hal ini karena Indonesia belum mengakui Israel sebagai sebuah negara yang berdaulat.

Baca Juga: Muhammadiyah Ajak Umat Islam Boikot Produk Israel

Namun begitu, produk-produk asal Israel tidak terhindarkan masuk ke Indonesia melalui berbagai afiliasi kelompok dagang, terutama via e-commerce. Lalu, apa saja produk Israel yang ada di Indonesia?

1. Produk perlengkapan bayi. Produk ini hadir melalui gendongan bayi, kereta bayi serta mainan mobil-mobilan.

2. Permainan sejenis mahjong, yakni sebuah permainan board game yang menggunakan 104 kartu yang bertuliskan angka 1-13.

3. Instrumen musik berupa gitar, tamborin maupun drum.

4. Alat-alat pertukangan maupun produk rumah tangga berbahan plastik.

Sebelumnya, BPS juga merangkum dalam lima tahun terakhir nilai barang yang diimpor dari Israel ke Indonesia mencapai Rp4,9 triliun pada 2016-2020.

Baca Juga: Bantu UMKM, Jokowi Minta Pemda Tidak Beli Produk Asing

Pergerakan impor produk-produk dari Israel ini masih berlanjut pada tahun 2021 ini. Misalnya awal tahun 2021 (Januari-Februari), produk impor asal Israel mencapai USD1.785.870 dengan berat mencapai 144 ton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini