Pejabat Pilihan Erick Thohir Jadi Direksi dan Komisaris Telkom

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 278 2417023 pejabat-pilihan-erick-thohir-jadi-direksi-dan-komisaris-telkom-974GcOqim7.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Pemegang saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sepakat merombak jajaran komisaris dan direksi dalam RUPST. Sejumlah nama pilihan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengisi posisi Dewan Komisaris dan Direksi Telkom.

Nama-nama tersebut datang dari berbagai latar belakang, mulai dari ekonom, politisi, pakar teknologi informasi (IT) hingga musisi. Adapun profil singkat nama baru Dewan Komisaris dan direksi Telkom Indonesia yang dirangkum MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Telkom Targetkan IPO Mitratel Akhir Kuartal III-2021

Bambang Brodjonegoro.

Bambang ditunjuk sebagai Komisaris Utama Telkom. Bambang sendiri merupakan eks Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan diamanahkan menjadi Komisaris Utama Bukalapak. Sebelumnya, dia pernah menjadi Menteri Keuangan periode 2014-2016 di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Di sisi akademik, dia menyelesaikan pendidikan formal tingkat Strata 1 di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (UI) pada 1990. Konsentrasi bidang studi yang ditekuni adalah Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Regional.

Setahun berikutnya, Brodjonegoro melanjutkan pendidikan formal tingkat magister (1991 - 1993) pada University of Illinois at Urbana-Champaign, USA, sekaligus melanjutkan program doktoral di universitas yang sama hingga 1995.

Baca Juga: Abdee Slank Jabat Komisaris Telkom

Abdi Negara Nurdin

Abdi Negara Nurdin atau lebih dikenal sebagai Abdee Slank mengisi posisi komisaris Independen emiten plat merah tersebut. Nama Abdee terbilang baru di dunia birokrasi pemerintahan, hal ini berbeda dengan dunia musik, dimana, namanya cukup dikenal luas di Indonesia.

Dia adalah pemain gitaris dari band Slank. Dalam menjalankan profesinya di dunia hiburan Tanah Air, Abdee banyak menciptakan lagu sekaligus memproduseri beberapa album Slank.

Lelaki kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah itu mengawali karir musiknya dengan bergabung du sejumlah band Tanah Air. Misalnya, Flash, Interview, dan Enemest.

Di luar musik, Abdee menjadi pendukung dan relawan Joko Widodo sejak Pemilu 2014. Bahkan sempat disebut-sebut menjadi salah satu pilihan Jokowi untuk memegang sebuah jabatan di bidang industri kreatif.

Isa Rachmatarwata

Isa Rachmatawarta ditunjuk sebagai Komisaris Telkom. Dia diketahui menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dan menjabat sebagai Komisaris di PT Pertamina (Persero).

Sebagai pelaku ekonomi Indonesia, Isa banyak berurusan dengan isu-isu jual beli asuransi dan segala peraturannya, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di level global.

Arya Sinulingga

Selain menjabat Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, kini didapuk sebagai Komisaris Telkom.

Dalam perjalanan karirnya, Arya pernah menjabat sebagai Direktur Pemberitaan di Media Nusantara Citra (MNC Group) dan komisaris MD Entertainment. Sebelumnya Arya juga pernah tercatat sebagai Sekretaris Perusahaan MNC Group dan Pemimpin Redaksi RCTI.

Dian Rahmawan

Dian dipercaya pemegang saham untuk mengisi posisi Direktur Wholesale & International Service.

Dalam perjalanan karirnya, dia pernah menjabat sebagai Direktur Konsumer Telkom sejak Desember 2014. Kemudian pada 2017, dia dipercaya memegang Direktur Enterprise Business.

Dian juga mempunyai pengalaman di dunia bisnis internasional, sebagai CEO Telkom International Hongkong (Ltd.) pada tahun 2011, membuka footprint bisnis Telkom pertama kali di Hongkong pada Maret 2011, dan menyusul selanjutnya Taiwan dan Macau dan menjadikannya sebagai salah satu Subsidiary yang sehat dan tumbuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini