Kadin Yakin Indonesia Bisa Kalahkan Pandemi Covid-19

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 320 2418222 kadin-yakin-indonesia-bisa-kalahkan-pandemi-covid-19-y6557447st.jpg Calon Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Okezone.com/Kadin)

JAKARTA Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia optimistis bahwa Indonesia mampu mengalahkan pandemi Covid-19. Namun untuk menaklukan Covid-19 perlu dilakukan secara gotong royong antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

“Saya yakin, kolaborasi yang baik antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat akan mampu mengatasi penularan Covid-19 di Indonesia. Penanganan masalah Covid-19 menjadi landasan utama untuk memulihkan ekonomi kita,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid, dalam keterangannya, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Bali Batal, Munas Kadin Bakal Digelar di Kendari

Arsjad yang juga calon Ketua Umum Kadin Indonesia, periode 2021-2026 menyatakan bahwa saat ini, secara spasial perekonomian di sejumlah daerah telah menunjukkan tren perbaikan cukup signifikan. Disebutkan, ekonomi di 10 provinsi kini mencatatkan pertumbuhan positif, di mana pertumbuhan tertinggi terjadi di Provinsi Papua yaitu sebesar 14,28%, Maluku Utara (13,45%), Sulawesi Tengah (6,26%), Daerah Istimewa Yogyakarta (6,14%), Sulawesi Utara (1,87 %), Papua Barat (1,47%), Kepulauan Bangka Belitung (0,97 %), Riau (0,41 %), Nusa Tenggara Timur (0,12 %), dan Sulawesi Tenggara (0,06 %).

Sektor-sektor yang tumbuh positif, di antaranya pertanian, pengadaan listrik, pengadaan air, informasi dan komunikasi, jasa keuangan, dan jasa kesehatan.

Baca Juga: Munas Kadin Ditunda, Anindya Bakrie: Kita Ikut Arahan Ketua Umum

“Kita bersyukur perjuangan bangsa Indonesia lebih dari satu tahun untuk mengatasi berbagai dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 mulai menunjukkan hasil positif. Ekonomi di 10 provinsi membaik. Selain vaksinasi sebagai salah satu solusi untuk mengalahkan pandemi Covid-19, pemerintah bersama-sama pelaku usaha dan masyarakat juga bersatu,” katanya.

Dirinya juga mengapresiasi langkah-langkah konkret penanganan Covid-19 di berbagai daerah yang saat ini semakin baik. Namun, ia mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Apalagi, lanjutnya, pemerintah telah menerapkan sistem informasi terintegrasi Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) agar dapat menentukan zonasi tingkat penularan selama masa Pandemi.

”Perkembangan Covid-19 yang sangat dinamis setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan. Melalui sistem BLC, pemerintah dapat menentukan zonasi tingkat penularan Covid-19,” jelas dia.

Dirinya secara khusus mengajak masyarakat untuk disiplin mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan menghindari kerumunan.

”Saya minta juga agar masyarakat saling mengingatkan untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ini yang harus terus kita lakukan karena menjadi kebiasaan baru kita. Kita jangan lengah dan tetap waspada,” kata Arsjad.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini