BEI Terapkan Free Float dalam Penghitungan Indeks, Simak Jadwalnya

Aditya Pratama, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 278 2419289 bei-terapkan-free-float-dalam-penghitungan-indeks-simak-jadwalnya-83nwDceggz.jpg BEI (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menerapkan metodologi free float dalam penghitungan setiap indeksnya. Hingga saat ini, terdapat 38 indeks di BEI dan terdapat sembilan indeks yang sudah menggunakan metodologi free float.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan BEI Albertus Fajar Subagyo mengatakan, selain sembilan indeks tersebut terdapat indeks lainnya masih menggunakan metode rata-rata tertimbang atas kapitalisasi pasar atau market capitalization weighting yang bobot penghitungan indeks harga sahamnya menggunakan seluruh saham tercatat.

Baca Juga: Beli Harga Murah Berpotensi Cuan, Begini Cara Investasi Saham 

Adapun penerapan metodologi free float ditujukan antara lain untuk memberikan gambaran kondisi pasar yang sesungguhnya, mengurangi beban Manajer Investasi (MI) dalam melakukan pengelolaan portofolio investasi, serta mendorong Perusahaan Tercatat untuk menambah porsi saham Free Float di pasar.

"Penerapan metodologi tersebut juga merupakan praktik umum yang dilakukan oleh penyedia jasa indeks bursa-bursa di dunia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (3/6/2021).

Sebelumnya, perubahan metodologi penghitungan indeks dari Market Capitalization Weighting menjadi Free Float ini pernah diterapkan pada Indeks LQ45 dan IDX30 pada tahun 2019. Sedangkan tujuh indeks lainnya sudah menerapkan Free Float sejak awal dibuat, seperti pada indeks IDX80, IDX High Dividend 20, IDX Value30, IDX Growth30, IDX Quality30, IDX ESG Leaders, dan IDX MES BUMN 17.

"Dengan dilakukannya perubahan metodologi tersebut, maka nantinya seluruh indeks di BEI akan menerapkan metodologi Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighting," kata dia.


BEI akan melakukan evaluasi dan perubahan metodologi Penghitungan Indeks dari Market Capitalization Weighting menjadi Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighting secara bertahap sebagai berikut:

BEI

BEI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini