User Base MNC Group Ratusan Juta, Hary Tanoesoedibjo: MotionBanking Bakal Cepat Tumbuh Pesat!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 278 2419751 user-base-mnc-group-ratusan-juta-hary-tanoesoedibjo-motionbanking-bakal-cepat-tumbuh-pesat-UjUo6LrRQs.jpg Peluncuran MotionBanking dan Rebranding MotionPay. (foto: Okezone.com/MNC Group)

JAKARTA - Meluncurkan MotionBanking dan rebranding MotionPay, MNC Group yang memiliki ratusan juta user base meyakini akan mampu mendorong layanan perbankan digital tersebut tumbuh pesat dengan cepat.

Dalam waktu kurang dari 2 minggu setelah OJK menerbitkan izin digital onboarding, PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), meluncurkan aplikasi layanan perbankan digital MotionBanking tersebut.

"Kami membentuk satu ekosistem yang menunjang satu sama lain. Di samping mencari mitra-mitra yang bisa bekerja sama, saling mengisi, saling melengkapi. Mudah-mudahan MotionBanking dan MotionPay akan cepat tumbuhnya," ujar Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, dalam peluncuran MotionBanking dan rebranding MotionPay di Jakarta Concert Hall, MNC Center, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: Hary Tanoe: Bank Digital Akan Jadi Bank yang Besar

MotionBanking akan memanfaatkan ekosistem MNC Group dengan menyerap user base untuk tujuan akuisisi nasabah MotionBanking, yang termasuk:

Pertama, lebih dari 9 juta pelanggan TV berbayar yang telah terdaftar, terus tumbuh dengan tambahan 3-4 juta pelanggan baru setiap tahun.

Kedua, lebih dari 63 juta Monthly Active User (MAU) dari layanan Over The Top (OTT) seperti RCTI+ & Vision+. Ketiga, lebih dari 50% populasi Indonesia yang menjadi pemirsa TV Free-To-Air (FTA).

Keempat, lebih dari 75 juta MAU dari portal berita MNC Group. Kelima, lebih dari 230 juta followers akun YouTube, Facebook dan Tiktok MNC Group dengan traffic yang dihasilkan mencapai hampir 45 miliar views.

Baca Juga: Raksasa Baru Ekonomi Digital Lahir, YouTuber Ken & Grat: MotionBanking Keren, Ayo Download!

Keenam, koneksi ke sekitar 400 artis dan entertainer papan atas, serta 280 YouTuber di bawah manajemen MNC Group, yang siap menjadi influencer dan brand ambassador MotionBanking.

Dengan digital onboarding, BABP menargetkan akuisisi 30 juta pengguna baru dalam 5 tahun ke depan.

"Grup memiliki user based yang sangat besar. Jadi, semuanya bisa dimaksimalkan untuk cross promotion," tegasnya.

Selain itu, kata Hary, MotionBanking dan MotionPay akan terus bertumbuh seiring meluasnya jangkauan dan semakin baiknya koneksi Internet di Tanah Air. "Digital sudah menjadi domain yang dominan, mau tidak mau memang harus ke digital. Bukan berarti meninggalkan bisnis konvensional, tapi digital pasti akan berkembang lebih cepat karena lebih convenient," terangnya.

Karenanya, lanjut Hary, semua kegiatan financial service di MNC Group akan dibuat digital. Selain MotionBanking dan MotionPay, ada Motion Hario untuk asuransi online, Motion Trade untuk online stock trading, Motion Funds untuk reksadana dan lainnya.

Managing Director of MotionPay Jessica Tanoesoedibjo menjelaskan latar belakang penggunaan nama "Motion" untuk seluruh layanan jasa keuangan digital milik MNC Group. "Motion mengungkapkan sebuah gerakan atau perubahan yang ingin kita bawa. Harapannya, bisa meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, meningkatkan akses terhadap layanan jasa keuangan di Indonesia," ungkapnya.

Sinergi dengan unit-unit bisnis lainnya di MNC Group membuat Jessica optimistis MotionPay akan tumbuh besar dalam waktu singkat.

"MotionPay sendiri sekarang sudah ada lebih dari 300.000 users. Dengan adanya sinergi ini kami sangat optimistis, ke depannya user base kami akan meningkat dengan pesat," tuturnya.

Sekalipun bukan pemain baru, Jessica tetap yakin MotionPay bisa mendapat tempat di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan tidak mungkin menjadi yang terdepan dan terbesar dalam 3-5 tahun ke depan.

Pie di Indonesia cukup besar. Masih banyak yang belum aware atau teredukasi untuk masuk dalam layanan jasa keuangan, dan financial inclusion kita masih sangat rendah. Kita akan memberikan layanan yang terbaik di Indonesia," jelas Jessica.

COO MotionBanking Teddy Tee menambahkan, setelah mendapatkan izin digital onboarding dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), MNC Bank akan berlari kencang. Dan peluncuran MotionBanking tersebut sebagai awalnya.

"Ini adalah satu terobosan dan tonggak pertama untuk kita mengembangkan lebih banyak lagi fitur-fitur yang ada di layanan perbankan digital kami," ucapnya.

Dengan izin tersebut, nasabah dapat membuka rekening simpanan di MNC Bank secara online (digital) tanpa perlu ke cabang. Menurut Teddy, layanan pembukaan rekening secara online itu menjadi dasar terus mengembangkan layanan-layanan lain, seperti pembukaan kartu kredit, pinjaman dan lainnya.

"Ini akan menjadi motor untuk perkembangan bisnis MNC Bank, terutama di consumer banking, kita akan fokus banyak di digital," pungkas Teddy.

Pada kesempatan yang sama, PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) melakukan rebranding aplikasi e-money, e-wallet, dan transfer digital, SPIN, menjadi MotionPay. Keterkaitan kedua nama tersebut merupakan keputusan strategis yang diambil MNC Kapital untuk memaksimalkan penetrasi pasar dan promosi, sejalan dengan integrasi digital di bawah BCAP.

MotionBanking dan MotionPay adalah dua produk digital unggulan yang akan menjadi andalan pertumbuhan MNC Kapital.

MotionBanking merupakan aplikasi perbankan digital dari MNC Bank untuk mendekatkan layanan perbankan kepada nasabah. Dengan izin layanan pembukaan rekening secara online (digital onboarding).

MotionBanking dirancang sebagai aplikasi perbankan terintegrasi yang menawarkan layanan yang lengkap mulai dari tabungan, transfer, pembayaran hingga kartu kredit, beserta UI/UX yang nyaman seperti login biometrik, notifikasi real-time, dan lain-lain.

Rebranding MotionPay sejalan dengan transformasi keuangan digital MNC Group. MotionPay akan menyematkan seluruh fungsinya (QRIS, e-money, e-wallet, dan transfer digital) ke dalam aplikasi MotionBanking sehingga menghadirkan solusi keuangan digital yang lengkap dan terintegrasi.

Aplikasi e-wallet, e-money, dan transfer digital ini melayani transaksi cashless dengan cepat dan mudah melalui smartphone. Selain itu, MotionPay juga memudahkan pengguna membayar tagihan, pulsa atau paket data, serta bertransaksi di merchant online maupun offline dengan menggunakan QRIS di seluruh negeri.

Selain itu, pengguna MotionPay akan memperoleh reward berupa MotionPoints untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi. MotionPoints dapat ditukar dengan berbagai penawaran menarik sekaligus menjadi sumber dana tambahan.

Dalam waktu dekat, MotionPay akan mengkolaborasikan layanannya dengan mitra pihak ketiga untuk meningkatkan penggunaan aplikasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini