7 Fakta Pendaftaran CPNS 2021, Cek Jadwal Terbarunya

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 05 Juni 2021 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 320 2420010 7-fakta-pendaftaran-cpns-2021-cek-jadwal-terbarunya-o8H9iSjzBt.jpg Seleksi CPNS 2021 Siap Dibuka. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan bahwa pembukaan pendaftaran CPNS tahun tidak jadi dibuka pada 31 Mei 2021. Hal tersebut berbeda dari jadwal yang sebelumnya ditentukan.

"Banyak sekali yg bertanya kepada Mimin apakah pada 31 Mei 2021 akan ada pembukaan rekrutmen #CPNS2021 & #PPPK2021? Mimin tegaskan pada tanggal itu rekrutmen belum dibuka," berikut keterangan BKN dalam Instagram @bkngoidofficial, Sabtu (29/5/2021).

Terkait pendaftaran seleksi CPNS 2021, berikut beberapa faktanya dirangkum oleh Okezone, Sabtu (5/6/2021).

1. Pendaftaran CPNS 2021 ditunda, ini alasannya

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan saat ini masih ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK nonguru, dan PPPK guru tahun 2021 yang belum ditetapkan pemerintah sehingga pendaftarannya belum dibuka bulan ini.

"Sekarang masih tahapan usulan revisi penetapan kebutuhan formasi oleh beberapa instansi, makanya jadwal pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut," kata Bima di Jakarta, Minggu (29/5/2021).

Baca Juga: Besaran Pencarian Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan, Cek Rinciannya

2. Ini jadwal terbaru tahapan seleksi CPNS dan PPPK 2021

- Pengumuman lowongan CPNS dan PPPK 2021

Dalam laman resmi sscasn.bkn.go.id, ditulis kebutuhan formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru mulai diumumkan tanggal 30 Mei sampai dengan 13 Juni 2021.

- Jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Dalam situs tersebut pendaftaran seleksi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru dapat dilakukan mulai tanggal 31 Mei sampai dengan 21 Juni 2021.

- Jadwal ujian SKD dan SKB tes CPNS 2021

Tahap ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) tidak dilakukan secara bersamaan. Disebutkan dalam laman resmi sscasn.bkn.go.id, pelaksanaan ujian SKD CPNS bakal berlangsung mulai Juli sampai dengan September 2021.

Sedangkan pelaksanaan ujian SKD PPPK Non Guru mulai Juli sampai dengan September 2021 setelah pelaksanaan seleksi kompetensi dasar CPNS selesai.

Baca Juga: Peserta CPNS Tahun Ini Bakal Dapat Sertifikat Hasil SKD

- Pengumuman kelulusan CPNS 2021

Dalam laman sscasn.bkn.go.id dijelaskan, pengumuman kelulusan seleksi dan masa sanggah dilaksanakan pada November 2021. Tahapan akhir berikutnya adalah penetapan NIP CPNS dan Nomor Induk PPPK akan dilakukan pada Desember 2021.

3. CPNS 2021 Kemenkumham ditunda, tunggu informasi BKN

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI hingga kini masih menunggu informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait pembukaan atau penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kementerian tersebut.

"Hingga kini kita belum mendapatkan kepastian informasi dari BKN, jadi statusnya masih menunggu," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Kemenkumham Tubagus Erif Faturrahman saat dihubungi di Jakarta, Senin (31/5/2021).

Penundaan penerimaan atau pendaftaran CPNS di lingkungan Kemenkumham diperkirakan tidak akan memakan waktu lama. Paling tidak hanya sekitar satu minggu terhitung dari waktu penundaan.

4. Kemenkumham minta masyarakat waspadai hoaks CPNS 2021

Selain adanya penundaan pendaftaran dan penerimaan CPNS, Kemenkumham juga meminta calon pelamar agar hati-hati. Sebab, belakangan cukup ramai ditemukan adanya akun-akun media sosial yang mirip atau menyerupai akun Kemenkumham dan menyebarkan informasi seputar CPNS 2021.

Agar tidak terkecoh, calon pelamar diminta hanya mengakses informasi di laman resmi Kemenkumham yakni cpns.kemenkumham.go.id atau akun resmi media sosial (instagram) yaitu @cpns.kumham dan @kemenkumhamri.

5. Begini tahapan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 lewat online

Mengenai tahapan pendaftaran, calon peserta dapat mengakses situs sscasn.bkn.go.id, lalu ikuti tahapan sebagai berikut:

Membuat akun SSCN menggunakan NIK dan nomor KK.. Log in menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan untuk melakukan aktivasi login. Unggah foto sambil memegang KTP dan kartu informasi akun. Melengkapi data diri lengkap, serta memilih jabatan dan formasi yang diminati. Mengunggah dokumen dan persyaratan yang diminta. Verifikasi. Cetak kartu pendaftaran SSCN. Simpan kartu pendaftaran karena akan diminta saat menjalani tes seleksi kompetensi dasar.

6. Daftar dokumen yang harus disiapkan calon peserta

Adapun beberapa dokumen yang wajib Anda lengkapi untuk mendaftarkan diri pada seleksi CPNS 2021 adalah. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kartu Keluarga (KK). Pas foto. Ijazah asli. Surat lamaran. Surat pernyataan. Dokumen lainnya sesuai ketentuan instansi yang akan dilamar.

7. Syarat bagi pendaftar CPNS

Merujuk pada seleksi CPNS 2019 seperti dilansir dari laman sscn.bkn.go.id, saat mendaftar batas usia pelamar CPNS Tahun 2019 minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun atau maksimal 40 tahun bagi pelamar yang melamar jabatan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis.

Dosen, Peneliti, dan Perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019.

Setiap instansi mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu pelamar diwajibkan memahami secara cermat dan teliti sebelum memutuskan mendaftar atau memilih formasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini