Sembako dan Sekolah Dikenai Pajak, Emang Ekonomi Sudah Pulih?

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 320 2423049 sembako-dan-sekolah-dikenai-pajak-emang-ekonomi-sudah-pulih-GfbS3rP2Ja.jpg Sekolah dan Bahan Makanan Bakal Dipajaki. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Pemerintah segera mengenakan pajak sembako dan sekolah. Hal ini dirumuskan dalam Revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menilai, pemerintah mesti melihat secara menyeluruh rencana perubahan kebijakan perpajakan.

Baca Juga: Setelah Sembako, Kini Sekolah Dikenai Pajak

“Rencana perubahan kebijakan perpajakan harus dilihat secara menyeluruh, bukan dilihat parsial satu per satu,” katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Menurut Piter, reformasi perpajakan merupakan amanah yang harus dilakukan pemerintah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Daftar Lengkap Sembako yang Bakal Kena PPN 12%

“Reformasi perpajakan ini tidak untuk dilakukan segera di tahun ini atau tahun depan. Akan tetapi, menyesuaikan juga dengan proses pemulihan ekonomi,” ujar dia.

Sementara itu, dia menjelaskan, rencana reformasi perpajakan tersebut baru akan dibahas oleh DPR dan akan masih banyak perubahan serta perdebatan.

“Sebaiknya kita tetap meyakini bahwa pemerintah akan bijak dalam menetapkan berbagai perubahan perpajakan,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini