Sukses Jadi Orang Kaya Berharta Rp15,7 Triliun dari Pembangkit Listrik

Hafid Fuad, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 455 2423677 sukses-jadi-orang-kaya-berharta-rp15-7-triliun-dari-pembangkit-listrik-p9LYjbYU11.jpg Gim Seong-Gon (Foto: Forbes)

JAKARTA - Gim Seong-gon, adalah miliarder pendiri dan Komisaris perusahaan Korea, CS Wind Corporation. Perusahaan tersebut memiliki fokus bisnis pada pembangunan pembangkit listrik tenaga angin atau pembangkit listrik tenaga Bayu (PLTB).

Baca Juga: Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Planet Bumi, Punya Harta Rp2.767 Triliun!

Dilansir dari Forbes, Sabtu (12/6/2021) pengusaha bisnis pembangkit listrik tenaga angin tersebut, dalam usianya yang ke 67 tahun justru menjadi orang pertama yang menembus daftar 50 orang terkaya di Korea dengan sumber kekayaan dari bisnis energi hijau terbarukan.

Dia mencatatkan debutnya dalam jajaran orang kaya, setelah sahamnya di CS Wind yang membangun menara pembangkit listrik tenaga angin, mengalami kenaikan hingga lima kali lipat sepanjang tahun lalu.

Baca Juga: Sri Mulyani ke DPR: Orang Terkaya di AS Enggak Bayar Pajak

Kebangkitan saham tersebut telah mendorong kekayaan Kim, yang bersama-sama keluarganya memiliki sebagian besar saham perusahaan. Dirinya langsung menembus langsung ke nomor 44 pada daftar orang terkaya dengan kekayaan bersih menembus USD1,1 Miliar.

Para investor sangat optimistis alias bullish dengan saham CS Wind. Mereka mendukungnya karena ada sentimen positif energi bersih khususnya pembangkit listrik tenaga angin. Sentimen ini bahkan memberikan keuntungan yaitu popularitas ke seluruh dunia.

Pemerintah Korea selatan, pada bulan Februari lalu, mengumumkan akan menyiapkan dana sebesar USD43 Miliar untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin terbesar di dunia pada tahun 2030 nanti. Sementara tahun lalu CS Wind mencetak penjualan menara angin naik 21% menjadi USD821 juta. Ini semua berkat kliennya seperti General Electric dan Siemens Gamesa.

Terlahir sebagai anak seorang petani, Kim mulai merintis pengalaman bisnisnya sebagai makelar dalam perjanjian perusahaan-perusahaan konstruksi skala lokal. Berikutnya dia pun mendirikan perusahaan konstruksinya sendiri sebelum memulai CS Wind pada tahun 1988. Dua puluh tahun kemudian, Goldman Sachs berinvestasi sebesar USD40 juta di perusahaannya. Ini memberikannya kesempatan melakukan ekspansi sayap bisnis.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini