Terkendala Gas, Pabrik Pupuk Indonesia di Aceh 'Mati'

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 320 2425058 terkendala-gas-pabrik-pupuk-indonesia-di-aceh-mati-dj01SSIlie.jpg Pabrik Pupuk di Aceh Terkendal Pasokan Gas. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengungkapkan pabrik milik anak usahanya, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) terpaksa berhenti beroperasi. Hal ini disebabkan terkendala pasokan gas.

Menurut Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman, pabrik Pupuk Iskandar Muda di Aceh mengalami kendala pasokan gas. Hal ini pun menjadi concern, karena pabrik tersebut mengalami kesulitan.

Baca Juga: Pupuk Indonesia Segera Terbitkan Obligasi Berkelanjutan Tahun Ini

“Sudah hampir satu bulan pabrik kami mati, dan kami tidak tahu kapan bisa berjalan lagi karena gas tidak tersalurkan," ungkap Bakir, dalam rapat bersama Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Kendati demikian, Bakir menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian guna menjaga penyaluran pupuk bersubsidi tetap lancar dan terlayani dengan baik. Salah satunya melalui upaya pengalihan tanggung jawab PT PIM kepada produsen pupuk lainnya.

Baca Juga: Petani Terima 1,2 Juta Ton Pupuk Bersubsidi hingga Februari

"Kalau ini terjadi, otomatis nanti yang menjadi tanggung jawab PIM Aceh, akan menjadi tanggung jawab (produsen) pupuk yang lain. Tentu pasti akan ada rayonisasi atau nanti kami dengan Pak Dirjen PSP tentunya punya PR lagi. Mudah-mudahan hal ini tidak mengurangi jumlah pupuk yang ditugaskan kepada kami," terangnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini