Pungli di Pelabuhan Bikin Biaya Logistik Tinggi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 320 2425366 pungli-di-pelabuhan-bikin-biaya-logistik-tinggi-m0pUiKXZQ7.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTAPungli sopir truk di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok berdampak pada daya saing logistik ekspor-impor. Sebab, pungli membuat biaya logistik makin mahal dan menambah biaya ekspor negara.

Direktur Celios (Center of Economic and Law Studies), Bhima Yudhistira mengatakan akibat dari aksi pungli dapat terlihat dari beberapa indikator. Dimana hal ini akan berdampak pada daya saing logistik menjadi melemah.

Baca Juga: Pungli Sopir Truk Ibarat Praktik Mafia

"Misalnya Indeks kemudahan berbisnis 2020 yang menempatkan perdagangan lintas batas Indonesia di peringkat 116 dunia, ini sangat buruk karena berpengaruh pada lemahnya daya saing aktivitas logistik-ekspor dan impor,"paparnya kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Kerap Berulah, 5 Preman Pemalak Sopir Truk Kawasan Pantura Jatim Ditangkap

Lanjutnya ia menerangkan, eksportir akan menghabiskan biaya yang lebih tinggi dari negara lainnya, sementara impor bahan baku bagi industri di Indonesia juga tidak kompetitif.

Bhima menjelaskan, indikator lainnya adalah indeks persepsi korupsi tahun 2020 Indonesia berada di peringkat 102 dunia yang skornya sama dengan Gambia negara miskin di Afrika.

"Kalau persepsi korupsinya buruk maka investor akan cari negara lainnya yang lebih kondusif dan murah dalam investasi," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini