Sri Mulyani Tetapkan Tarif Sertifikat Jaminan Produk Halal, Ini Besarannya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 320 2425392 sri-mulyani-tetapkan-tarif-sertifikat-jaminan-produk-halal-ini-besarannya-hUPIr3i8Ee.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menetapkan aturan tarif-tarif untuk memperoleh sertifikasi halal. Tarif tersebut terdapat dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 57/PMK.05/2021 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal pada Kementerian Agama.

Dalam aturan itu, tertulis lima jenis layanan terkait sertifikasi halal beserta tarifnya. Aturan tersebut ditandatangani pada 3 Juni 2021 dan berlaku setelah diundangkan, tepatnya pada 4 Juni 2021. PMK ini merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal yang dibuat Presiden Joko Widodo pada 2 Februari 2021.

Baca Juga: Sembako di Pasar Tradisional Bebas PPN, Sri Mulyani: Pajak Tidak Asal Dipungut!

"Tarif layanan sertifikasi halal proses reguler, tarif layanan perpanjangan sertifikat halal dan tarif layanan penambahan varian atau jenis produk itu mengacu pada biaya yang ditetapkan oleh Badan Penyelemggara Jaminan Produk Halal pada Kementerian Agama," tulis aturan tersebut yang dikutip di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Waspadai Modal Asing Kabur dari RI

Dalam aturan itu, pertama, Sertifikasi Halal untuk Barang dan Jasa yang meliputi Sertifikasi Halal Proses Reguler, Perpanjangan Sertifikasi Halal, Penambahan Varian atau Jenis Produk, dan Registrasi Sertifikasi Halal Luar Negeri, tarifnya mulai Rp 300 ribu hingga Rp 5 juta per sertifikat.

Kedua, jenis layanan Akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal, tarifnya Rp 2,5 juta hingga 17,5 juta per lembaga. Ketiga, Registrasi Auditor Halal Rp 300 ribu per orang.

Keempat, layanan Pelatihan Auditor Halal dan Penyelia Halal Ro 1,6 juta sampai Rp 3,8 juta per orang. Kelima, Sertifikasi Kompetensi Auditor Halal dan Penyelia Halal tarifnya Rp 1,8 juta sampai Rp 3,5 juta per orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini