Gubernur BI Sebut Permintaan Kredit Perbankan Mulai Pulih

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 320 2426762 gubernur-bi-sebut-permintaan-kredit-perbankan-mulai-pulih-UZB8DvNoeR.jpg Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Di tengah kondisi likuiditas yang tetap longgar, hasil assessment Bank Indonesia (BI) terhadap intermediasi perbankan menunjukkan perbaikan meskipun masih mengalami kontraksi sebesar -1,28% (yoy) pada Mei 2021.

"Perbaikan ini didorong oleh membaiknya permintaan kredit seiring dengan berlanjutnya pemulihan aktivitas korporasi yang tercermin antara lain dari meningkatnya penjualan, pajak yang dibayarkan, dan kemampuan bayar korporasi," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis(17/6/2021).

Baca Juga: BI Diproyeksi Tahan Suku Bunga di 3,5%

Di sektor rumah tangga, permintaan kredit di sektor properti terus membaik tercermin dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang tumbuh 6,61% (yoy) sejalan dengan implementasi pelonggaran LTV dan insentif pajak oleh Pemerintah.

Baca Juga: Gubernur BI Ungkap Peluang dan Risiko Bayangi Pemulihan Ekonomi

"Pemulihan kredit juga terjadi di sektor UMKM, terutama di sektor perdagangan,"ucap Perry.

Untuk mendorong momentum pemulihan fungsi intermediasi perbankan, berbagai langkah penguatan terus dilakukan melalui sinergi antar otoritas, perbankan, dan dunia usaha untuk menjaga optimisme dan mengatasi permasalahan sisi permintaan dan sisi penawaran kredit dari perbankan kepada dunia usaha.

"Dalam kaitan ini, BI terus memperkuat kebijakan transparansi SBDK perbankan serta koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk meningkatkan kredit/pembiayaan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini