4 Fakta Tabungan Nasabah Orang Kaya Semakin Banyak

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 320 2427804 4-fakta-tabungan-nasabah-orang-kaya-semakin-banyak-8CIZtSBLps.jpg Tabungan nasabah di perbankan meningkat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Simpanan nasabah di perbankan dengan besaran Rp5 miliar meningkat. Hal ini seiring pulihnya perekonomian Indonesia.

Okezone pun merangkum fakta-fakta menarik terkait simpanan atau tabungan nasabah orang kaya yang semakin banyak di tengah pandemi yang belum selesai, Senin (21/6/2021):

1. Tabungan Nasabah Meningkat

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat total simpanan bank umum mengalami kenaikan 10,79% menjadi Rp669,79 triliun year-on-year. Hal ini didorong kenaikan pada seluruh saldo simpanan.

Baca Juga: Hacker Gentayangan Incar Lembaga Keuangan Digital

2. Tabungan Orang Kaya Semakin Banyak

Ketua LPS Purbaya Sadewa mengatakan simpanan dengan saldo Rp5 miliar naik paling besar yaitu Rp432,96 triliun (+14,68%) year-on-year.

"Apabila dibagi berdasarkan tier saldo simpanan, total simpanan Rp2 miliar mengalami kenaikan sebesar Rp212,58 triliun (+7,89%) year-on-year, serta total simpanan dengan saldo Rp2 miliar juga mengalami kenaikan sebesar Rp457,21 triliun (+13,02%) year-on-year," kata Purbaya.

Baca Juga: Mundur dari Bukopin, Rivan Purwantono Jadi Dirut Jasa Raharja

3. Pendorong Kenaikan Tabungan

Ketua LPS Purbaya Sadewa mengatakan, sektor korporasi seperti industri Otomotif, Perkayuan, Jasa Konstruksi, Tekstil, Properti, dan Telekomunikasi, mulai menggeser simpanannya dari Deposito ke Giro.

"Adanya pergeseran komposisi simpanan dalam bentuk giro ini menjadi salah satu indikator pemulihan ekonomi yang artinya, mereka siap untuk kembali melakukan ekspansi," bebernya.

4. Suku Bunga Simpanan Bank Turun

LPS memantau dalam kurung waktu tiga tahun terakhir data suku bunga simpanan perbankan terus menunjukkan penurunan. Adapun, penurunan suku bunga simpanan ini seiring dengan penurunan Tingkat Bunga Penjaminan LPS dan BI-7 Days Reverse Repo Rate.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini